BANGGA MENJADI PELAJAR DENGAN MENELADANI EMPAT SIFAT RASUL



BANGGA MENJADI PELAJAR
DENGAN MENELADANI EMPAT SIFAT RASUL

Oleh :
Ummy  Mujahidah

Kalian tahu gak, bahwa untuk menjadi muslim yang selamat itu harus menyesuaikan niat, langkah dan tujuan hidup dengan kehendak Allah. Dan karenanya Allah memberi kita “Buku Petunjuk”, yaitu Al Quran.

Kalian juga tahu, dari sekian banyak ayat Al Quran, ada banyak petunjuk yang tidak bisa langsung kita pahami sehingga kita ga tahu, bagaimana melaksanakannya. Dan karenanya Allah memberi kita  sosok yang bisa ditiru, yaitu para Rasul.

Masalahnya adalah kapan, dimana, dan apa saja yang bisa kita teladani, dan bagaimana meneladaninya di masa kita?

Nah, uraian ini bermaksud memberi secercah sinar agar jalan kalian gak gelap-gelap amat untuk melangkah dengan benar.Ternyata ada jejak yang bisa kalian susuri, disini, sekarang, oleh kalian para remaja.

Apa sih empat Sifat Rasul itu?
Sobat, menurut buku Aqidah Islamiyah, sifat-sifat para Rasul itu termasuk Aqidah Kenabian yang wajib diitikadkan oleh seluruh mukalaf.  Sifat itu terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:
1.   Sifat wajib bagi Rasul.
Terdiri dari Siddik artinya benar, Amanah artinya terpercaya, Tabligh artinya menyampaikan, dan Fathonah artinya cerdas.
2.   Sifat Mustahil
Terdiri dari Kidzib artinya dusta, Khiyanat artinya tidak jujur, Kitman artinya menyembunyikan, dan Jahal artinya bodoh.
3.   Sifat Mumkin di Rasul
Sifat ini hanya satu yaitu A’rodhul Basyariyah atau sifat kemanusiaan.

Yang akan dibahas disini adalah sifat wajib, yang selanjutnya kita sebut dengan 4 sifat Rasul, yaitu siddik, amanah, tabligh dan fathonah.

Bagaimana meneladani 4 sifat tersebut dalam keseharian kalian sebagai pelajar? Karena berislam itu harus full time, maka beruswah pada Rosulpun harus full time. Tak ada ceritanya ingin jadi muslim tapi beruswah pada artis atau tokoh yang jauh dari keislaman. Karena muslim itu beraktifitas, bukan cuma mengaku-ngaku saja. Dan pegangan aktifitas muslim itu satu paket, Al Quran dan sunnah Rasul.

Penerapan Empat Sifat Rasul bagi Pelajar
1.   Siddiq artinya benar dan jujur.
Benar dan jujur pada diri sendiri dan pada semua orang. Jujur itu keren, jujur itu sederhana namun indah sesuai aslinya. Jujur itu praktis tidak ribet. Jujur itu mulia, jujur itu lurus tidak berbelit belit. Jujur itu hemat tidak boros waktu, pikiran dan tenaga untuk menjelaskan perbuatan kita.
Lawan jujur adalah bohong. Bohong itu hina dan menghinakan, bohong itu pemborosan pikiran, waktu dan tenaga agar terlihat baik. Kebohongan tidak bisa ditutupi kecuali dengan kebohongan berikutnya dan terus membesar dan berkembang biak.  So…, Stop bohong kembalilah pada jujur!!!
Sifat siddiq atau jujur bagi pelajar adalah membenarkan (mengakui, menerima, meyakini) posisi kalian sebagai pelajar. Membenarkan bahwa pelajar itu artinya orang yang  belajar, yang menuntut ilmu. Menyadari dan mengetahui segala konsekwensinya menjadi pelajar.
Sejak awal masuk suatu lembaga pendidikan, biasanya kalian sudah menandatangani pernyataan untuk siap mengikuti aturan yang berlaku di lembaga tersebut. Akal kalian mengetahui, hati menerima dan diselaraskan dengan prilaku kalian sebagaimana layaknya seorang pelajar.
Menyadari dan mengakui bahwa pelajar itu salah satu tahap untuk menjadi orang berilmu yang ditinggikan derajatnya oleh Allah (Alloh meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu pengetahuan). Setelah tahu, tentunya kalian akan bangga menjadi pelajar.
Jujur ya, jadi pelajar itu keren. Bahkan di perjalanan saja akan dimudahkan oleh Allah jalan ke syurga (“Barangsiapa berjalan mencari ilmu pengetahuan, akan dimudahkan Allah jalan ke syurga’” Al Hadits).
Jadi tak usahlah berpura-pura menjadi preman, atau tampil kayak artis. Jujur saja , kalian adalah pelajar yang mau meningkatkan derajat kalian dengan menjadi orang berilmu.

2.   Amanah = terpercaya
Amanah  bagi pelajar, artinya seluruh kelakuan, perkataan, penampilan dijaga agar semua orang percaya bahwa kalian adalah pelajar.
Dengan sifat amanah, kalian akan menjadi pelajar sejati, pergi ke sekolah dengan niat belajar, tampilan pelajar, prilaku pelajar, ucapan pelajar!
Tidak mengaku-ngaku atau bergaya preman, tidak berbohong libur dan diam saja di rumah, tidak berbelok ke tempat PS/ warnet. Tidak tampil seperti artis, seperti preman atau seperti apapun yang menutupi identitas pelajar.

3.   Tabligh = menyampaikan
Pelajar yang memiliki sifat tabligh, artinya mampu mengomunikasikan semua yang dialami, dirasakan, dipikirkan dengan baik kepada semua pihak yang berhak mengetahui. Ketika sakit, memberi tahu dengan cara yang benar kepada guru/pihak sekolah. Bila ada masalah, mau mengungkapkan dengan benar kepada guru wali kelas/ BK. Bila ada infomasi dari sekolah, mampu menyampaikan dengan benar kepada orang tua.
Berkomunikasi dengan santun kepada guru, teman, penjaga, pedagang, dsb. Menyampaikan kembali apa yang diketahui kepada teman yang belum mengerti, menjawab pertanyaan guru ketika ditanya. Sebab orang yang menyembunyikan ilmu akan mendapat siksaan Allah (QS Al Baqarah: 159).
Jadi sifat tabligh itu sifat yang menjadikan seorang pelajar mampu berkomunikasi dengan baik dan benar sesuai situasi dan kondisi, baik secara lisan atau tulisan. Termasuk ketika ada kesalahpahaman, tidak asal nuduh atau gampang marah. Semua dikomunikasikan dengan benar dan santun.

4.   Fathonah = cerdas
Kecerdasan adalah salah satu dari banyak alasan kalian sekolah dan menjadi pelajar. Kita tahu, setiap orang memiliki potensi sebagaimana kita juga menyadari setiap orang punya kelemahan. Pelajar yang memiliki sifat fathonah artinya pelajar yang berusaha memanfaatkan semua potensi yang dimiliki semaksimal mungkin agar diperoleh hasil yang maksimal pula.
Dengan sifat ini, seorang pelajar  akan tekun berusaha mengerjakan tugas-tugas sekolah. Pantang menyerah ketika ada kesulitan.Terampil mengerjakan tugas-tugasnya sebagai pelajar. Mau bertanya ketika tidak mengerti/ tidak tahu.
Dalam ilmu pendidikan terkini, kecerdasan itu diartikan kemampuan menyelesaikan masalah.  Kecerdasan majemuknya Howard Gardner meliputi 8 bidang, yaitu cerdas Bahasa, logika matematika, musical, kinestetis tubuh, spasial, naturalis, interpersonal, dan intra personal.
Ahli pendidikan yang lain menambahkan dengan adversity (daya juang), spiritual, emosional.  Semua kecerdasan itu, dalam bahasa Arab disebut dengan fathonah.
Sehingga, meski tidak semua kecerdasan menonjol pada seseorang, tetapi orang yang memiliki sifat fathonah, menyadari kecerdasan yang menonjol pada dirinya. Dan ia mampu memanfaatkannya dengan baik untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupannya.

Nah sobat pelajar, sekarang bangga dong menjadi pelajar. Kalau bangga….tak akanlah tampil kayak anak punk. Tak akanlah malak teman seperti preman. Tak maulah rambut digondrongin, diwarnai, dimacem-macemin niru artis.

Kalian pelajar, gitu lho, yang lebih keren tampil sebagai pelajar, dan berprilaku sebagaimana layaknya seorang pelajar, setuju?
Bayangkan, Nak, jika semua pelajar memiliki dan menerapkan empat sifat rasul tadi, betapa akan hebatnya pelajar-pelajar di Indonesia!!! Tak akanlah ketinggalan oleh pelajar-pelajar negeri tetangga. Tugas bapak/ibu guru akan semakin ringan. Orang tua akan semakin tenang melepas anaknya sekolah. Prestasi akan semakin menjulang.
Tak akan ada tawuran antar pelajar….
Tak akan ada tukang nyontek….
Tak kan ada pemalakan di sekolah….
Tak akan ada siswa perempuan hamil sebelum tamat sekolah….
Tak akan ada yang terjebak narkoba….

Otak ingin tahumu akan tersalurkan dengan benar. Penasaran ingin mencobamu akan terwadahi dengan tepat. Sifat ingin eksis remajamu akan tereksplorasi seluas-luasnya. So….Masih malu mengaku pelajar? Ga zamanlah!
Ssst…kalau setuju, ujilah sifat tablighmu. Ceritakan kebenaran ini, ajak teman - temanmu untuk mulai menerapkan empat sifat rasul ini. Semakin cepat, semakin baik.

Sebab….kalau tidak dimulai sekarang, kapan lagi?
Sebab…kalau bukan kamu yang memulai, siapa lagi?
Sebab…kualitas pelajar sedang dipertanyakan, tak ada waktu lagi untuk menunggu.
Fastabiqul khoirot, Nak. Ayo sebarkan berita hebat ini…..!!!!
Selamat mencoba menjadi pelajar yang hebat! ***



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BANGGA MENJADI PELAJAR DENGAN MENELADANI EMPAT SIFAT RASUL"

Post a Comment