DISEMINASI USBN MAPEL SEJARAH 2018-2019 MGMP SEJARAH KABUPATEN BANDUNG




Rancaekek (17/01/2019), agenda MKKS Kabupaten Bandung bekerja sama dengan MGMP Sejarah Kabupaten Bandung melaksanakan kegiatan "Diseminasi USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional)" untuk menghasilkan standar kisi – kisi dan pemetaan kisi – kisi USBN Sejarah 2018-2019.
“Pengembangan kisi – kisi  tersebut adalah sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan Kurikulum yang berlaku” Ujar Drs. H. Hermana Sudibya, M.Si. selaku Pengawas Pembina Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII.
Menurut Drs. H. Ali Sodikin, M.M.Pd. Ketua MGMP Sejarah Kabupaten Bandung, pelaksanaan MGMP di SMA Negeri 1 Rancaekek pada hari Kamis, 17 Januari 2019, diikuti sebanyak 72 Guru dari sekolah negeri dan swasta se-Kabupaten Bandung, dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu Sejarah Indonesia, Sejarah Peminatan, dan Sejarah KTSP 2006.
Yayan Syalviana, S.Pd., Ketua Forum MGMP Sejarah Provinsi Jawa Barat, mengatakan bahwa target pengembangan kisi-kisi USBN Sejarah di forum MGMP adalah supaya semua anggota terlibat dari awal mulai dari pengembangan kisi-kisi dan pemetaan kisi-kisi USBN, selebihnya di sekolah masing-masing dikembangkan kartu soal dan naskah soal melalui MGMP lokal. “Naskah soal yang dikembangkan berorientasi pada penalaran atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan kemudian akan digabungkan dengan soal dari Pusat sebanyak 25 %”, tambahnya.
“Kami merasakan nuansa yang berbeda untuk USBN 2019, karena anggota MGMP dilibatkan dalam pengembangan kisi-kisi sampai pembuatan naskah soal USBN, hal ini menjadi motivasi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengembangan soal HOTS”, ujar Rolla Fardila, S.Pd. Sekertaris II MGMP Sejarah Kabupaten Bandung. (Kiriman : Rolla Fardila, S.Pd. - Guru Sejarah SMAN 1 Cikancung)


  

           










Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DISEMINASI USBN MAPEL SEJARAH 2018-2019 MGMP SEJARAH KABUPATEN BANDUNG"

Post a Comment