GGSP MENGINSPIRASI MENJADIKAN SEKOLAH BERSIH

initasik.com


Oleh :
Tatin Sesyeti, M.Pd. 
SMPN 1 Mangunreja Kab. Tasikmalaya

Permasalahan sampah seakan tidak akan ada habisnya baik di rumah tangga, masyarakat, maupun sekolah. Untuk mngatasinya kami mencoba menerapkan satu program yang dinamai dengan Gerakan Gelas Sendok dan Piring (GGSP). Program ini didukung oleh semua stakeholder pendidikan yang ada di sekolah kami, termasuk pengelola kanti.
Untuk mengimplementasikan  gerakan tersebut pihak sekolah memfasilitasinya dengan membeli 900 gelas plastik, 900 sendok plastik, 900 piring plastik, Semuanya itu untuk dibagikan kepada seluruh peserta didik yang ada di sekolah kami. Alat makan tersebut untuk  dipakai pada saat membeli makanan di kantin-kantin yang ada di sekitar sekolah pada jam istirahat.
Hasil dari gerakan ini mulai terminimalisir sampah di lingkungan SMPN 1 Mangunreja. Biasanya tiap minggu dihasilkan sebanyak 40 sampai dengan 50 karung sampah,  setelah program tersebut berjalan maka sampah yang dihasilkan bisa berkurang menjadi 2 sampai 3 karung saja.Alhamdulillah lingkungan sekolah menjadi bersih, nyaman dan terhindar dari polusi sampah seperti yang diinginkan oleh kita semua.
Tentunya keberhasilan program ini perlu penanganan lebih lanjut. Di kami bentuk penanganannya  dengan dibentuk suatu tim yang beranggotakan pihak guru, peserta didik dan pemilik kantin. Mereka bergerak untuk memantau pemakaian gelas, sendok, piring yang telah dibagikan tersebut  kalau kedapatan peserta didik jajan tidak memakai gelas, sendok dan piring maka akan dikenakan denda  begitupun pihak kantin apabila kedapatan menjual jajanan memakai plastik itu juga akan kena denda.
Maka cara yang digulirkan tadi menjadi sangat efektif, Yang pada awalnya takut kena denda tapi lama kelamaan mereka menjadi terbiasa dengan program tersebut ini tentunya menjadi suatu perubahan yang luar biasa bagi kami seperti yang diharapkan oleh semua pihak.
Dengan Program GGSP tersebut selain menjadikan sekolah kami bersih juga merupakan ajang penguatan pendidikan  karakter, yaitu terbiasanya hidup bersih dengan mengurangi sampah, Mudah-mudahan program GGSP ini bisa menginspirasi bagi yang lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "GGSP MENGINSPIRASI MENJADIKAN SEKOLAH BERSIH"

Post a Comment