KOLABORASI FERRY CURTIS DAN TAUFIK FATURAHMAN MEMUKAU PESERTA IHT GUNEMAN 2019


 


Kolaborasi Ferry Curtis dan H. Taufik Faturrahman mampu memukau peserta IHT dan ToT Guneman 2019 di Bale Ageung, Pager Ageung, Tasikmalaya Sabtu, 5 Januari 2019. Selama hampir dua jam Kang Ferry Curtis sesuai spesialisasinya membawakan musikalisasi beberapa karya puisi dari Iman Soleh, Taufik Faturrahman dan karyanya sendiri secara apik.

Dalam suasana riang peserta mendapat materi tentang bagaimana membuat musikalisasi puisi. Musikus balada ini menyarankan ketika bait-bait puisi sudah selesai dibuat, seandainya penulis puisi tidak bisa bermain musik, sebaiknya mencari pemusik yang berkualitas untuk musikalisasinya.

Suasana sesi akhir kegiatan semakin meriah dengan hadirnya Kang Haji Opik, panggilan akrab H. Taufik Faturrahman.  Dengan guyonan khasnya sastrawan Sunda ini mampu membuat segar suasana. Candaan segar pemilik CV Geger Sunten Bandung ini semakin hidup dengan iringan alunan gitar Ferry Curtis.

Sebelum penampilan Ferry Curtis dan Taufik Faturrahman, peserta sehari penuh mendapat beraneka materi tentang penulisan, penerbitan dan penyuntingan.

Tampil sebagai pemateri pertama, Oesep Kurniadi membekali peserta mengenai seluk-beluk dunia penerbitan dan bagaimana menerbitkan buku. Menurut mantan marketing senior di Grup Kompas Gramedia ini dunia penerbitan mempunyai prospek yang myakinkan.

Esep Muhammad Zaini tampil sebagai pemateri kedua. Pemimpin redaksi Guneman ini menyampaikan materi tentang teknik dasar menulis dan bagaimana melatihkannya. Menurut penulis dan editor ini mengarang itu gampang, yang tidak gampang itu kalau ingin menghasilkan tulisan yang baik. Untuk menghasilkan tulisan yang baik calon penulis perlu memperatikan beberapa rumus dasar penulisan.

Ilmu yang sangat berharga bagi semua peserta di dapat dari Tendy K. Somantri. Mantan redaktur pelaksana HU Pikiran Rakyat ini membekali peserta tentang teknik dasar penyuntingan. Dengan sangat antusias anggota Badan Bahasa Kemdikbud ini melayani aneka pertanyaan peserta yang ingin paham tentang teknik penyuntingan.  (EC-Guneman)












Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KOLABORASI FERRY CURTIS DAN TAUFIK FATURAHMAN MEMUKAU PESERTA IHT GUNEMAN 2019"

Post a Comment