MGMP IPS KABUPATEN GARUT MENGGELAR PERTEMUAN AWAL TAHUN 2019


Sabtu, 19 Januari 2019 MGMP IPS Kabupaten Garut menggelar pertemuan. Pertemuan awal tahun 2019 ini bertempat di SMPN 3 Taogong Kidul Jalan Rumah Sakit Umum Garut. 

"Pertemuan ini sangat penting dilaksanakan untuk menyamakan persepsi kegiatan selama tahun 2019 dan persiapan menghadapi USBN tahun pelajaran 2018-2019," demikian keterangan drs. Beni Kustiana selaku ketua MGMP IPS Garut dalam sambutannya.

Selain jajaran pengurus MGMP IPS Garut dalam pertemuan ini hadir pula perwakilan pengurus dari setiap rayon yang ada di Kabupaten Garut. Di Garut sendiri selain ada MGMP tingkat kabupaten, juga ada MGMP tingkat rayon yang terdiri dari 8 rayon. Rayon ini merupakan gabungan dari beberapa kecamatan. Di daerah lain dikenal dengan istilah gugus atau wilayah.

Selain silaturrahiim awal tahun, acara pokok dalam kegiatan ini diisi dengan penyampaian materi tentang penyusunan soal HOTS sebagai persiapan USBN. Tampil sebagai pemateri Enang Cuhendi, S.Pd.MM.Pd. Menurut pemateri yang juga merupakan Ketua PW FKGIPS Nasional Jawa Barat, HOTS atau Higher Order Thinking Skills menjadi sangat penting untuk diterapkan sebagai upaya menjawab tantangan abad milenial. "Penerpan HOTS dalam proses pembelajaran harus diterapkan secara terprogram, mulai dari persiapan, pelaksanaan sampai pada penilaian. Peserta didik jangan langsung diberi soal HOTS sementara prosesnya belum melaksanakan HOTS." tandas anggota Tim Pengembang Kurikulum dan juga Instruktur Kurikulum Provinsi Jawa Barat ini. 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "MGMP IPS KABUPATEN GARUT MENGGELAR PERTEMUAN AWAL TAHUN 2019"