SIMULASI UNBK TERANCAM BATAL



Tasikmalaya-Guneman. Simulasi Ujian Nasional berbasis Komputer (UNBK) hari pertama terancam batal (28/1).  Peristiwa ini terjadi  pada kegiatan Simulasi  tahap II  UNBK yang diselenggarakan selama empat hari dari hari Senin hingga Kamis, tanggal 28 hingga 31 Januari 2019, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Terancam batalnya kegiatan ini akibat lambatnya proses sinkronisai antara server sekolah dengan server dari pusat.

Menurut Asep Saeful, seorang operator  sekolah di Kota Tasikmalaya, proses lambatnya sinkronisasi ini hampir terjadi di seluruh kota di Jawa Barat. Disinyalir keterlambatan proses sinkronisasi ini  disebabkan oleh overload-nya server pusat akibat banyaknya peserta UNBK.  Seperti kita ketahui  peserta Simulasi UNBK tahap II ini diikuti oleh beberapa jenjang sekolah,   yaitu SMP/MTs,SMA/SMK di seluruh nusantara yang diilaksanakan secara serentak.

Ditambahkannya bahwa sinkronisisai merupakan tahapan dari proses simulasi Ujian Nasional. Seorang peserta akan bisa melaksanakan simulasi  UNBK jika proses sinkronisasi sudah selesai. Proses sinkronisiai itu sendiri adalah  meng-upload data peserta ujian ke server pusat untuk mendapatkan soal, sesi , kode token, dan lain-lain, sehingga jika tidak adanya sinkronisasi jelas pelaksanaan simulasi akan batal dengan sendirinya.

Proses sinkronisasi  baru bisa terselesaikan menjelang beberapa saat simulasi akan dimulai. Akibatnya pelaksanaan Simulasi UNBK mundur satu jam dari jadwal yang telah direncanakan.

Menurut salah seorang panitia sekolah SMPN 5 Tasikmalaya, Kurniati Sriwulani, M.Pd., kegiatan simulasi tahap II UNBK ini dimaksudkan memberi pelatihan bagi  calon peserta Ujian Nasional  untuk memahami gambaran singkat pelaksanaan UNBK serta mengenalkan fitur-fitur aplikasi cara pengerjaan soal  Ujian Nasional yang akan mereka hadapi.

Selanjutnya Wulan, panggilan akrab Kurniati Sriwulani, M.Pd, menjelaskan bahwa kegiatan  simulasi ini  bagi dalam tiga sesi.  Dilaksanakan selama empat hari. Waktu pelaksanaan mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00. Materi yang diujikan meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ipa. Semua berharap lambatnya proses sinkronisasi ini tidak terjadi pada saat ujian UNBK  yang akan berlangsung pada bulat Maret 2019 mendatang. Sehingga seluruh peserta dan panitia dapat melaksanakan kegiatan UNBK dengan lancar tambah sambil tersenyum. (Toni)***

Reportase Kiriman Toni Suryaman, M.Pd. , SMPN 5 Kota Tasikmalaya


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SIMULASI UNBK TERANCAM BATAL"

Post a Comment