WELCOME TO INFORMATIKA


WELCOME TO INFORMATIKA



                                         Seminar Nasional Guru TIK se Indonesia di Gedung Guru Jakarta

Oleh Yoyon Supriyono
Kepala SMPN 4 Terisi, Indramayu

Gempita datangnya mata pelajaran informatika adalah angin segar bagi guru TIK di seluruh Indonesia. Bagaimana tidak, setelah matpel TIK terhapus dalam struktur kurikulum 2013, penderitaan guru TIK pun dimulai. Guru TIK terpaksa harus mengajar matpel Prakarya yang belum ada kajian akademisnya hingga saat ini. Peserta didikpun hilang kesempatan untuk memperoleh pengetahuan dasar tentang TIK,yang sangat dibutuhkan dalam era abad 21. Bimbingan TIK (bimtik) tidaklah berjalan mulus di lapangan,karena bukan matpel dan hanya bersifat bimbingan. Guru TIK dan anak bangsa calon generasi emas dikorbankan.
Lahirnya matpel informatika adalah sebuah drama panjang dalam konteks perjuangan guru TIK Indonesia yang tergabung dalam KOGTIK (Komunitas Guru TIK dan KKPI), yang sekarang berafiliasi dengan PGRI dengan nama IGTIK PGRI. Peran Ketua Umum PGRI, Unifah Rosyidi, tentu sangatlah besar dalam mengembalikan matpel TIK ke dalam struktur kurikulum. Beliau sangat memahami pentingnya matpel TIK di era digital dan mendukung perjuangan guru-guru TIK.
Seminar Nasional di Gedung Guru pada Sabtu, 1 September 2018 menjadi tonggak sejarah. Pemerintah akhirnya mendengar aspirasi guru-guru TIK seluruh Indonesia. Dr. Awalludin Tjalla, yang saat itu mewakili Dirjen GTK Kemendikbud memaparkan tentang rencana akan dimasukkannya matpel informatika (sebagai ganti TIK) ke dalam struktur kurikulum 2013 mulai tahun pelajaran 2019/2020. Tjalla menjelaskan, matpel baru ini tidak berdiri sendiri tetapi masuk kelompok B atau matpel umum poin 3. Prakarya dan/atau informatika. Kata dan/atau mengandung pengertian bahwa matpel baru ini bersifat pilihan, dengan pertimbangan bahwa tidak semua sekolah memiliki sarana komputer dan guru TIK-nya. Bagi sekolah yang memiliki sarana komputer dan guru TIK bisa mengadakan pembelajaran informatika. Tapi bagi sekolah yang tidak memiliki sarana dan gurunya, maka matpel prakarya sebagai matpel pilihan yang harus diajarkan di sekolah tersebut.
Seminar dengan tema Menyambut Datangnya Mata Pelajaran Informatika itu, dibuka oleh Wakil Ketua PB PGRI, Didi Suwardi, dihadiri juga oleh pakar pendidikan Dr. Indra Charismiadji dan Prof. Eko Indrajit. Bang Indra menyanpaikan materi Peran Teknologi di Era Industri 4.0, sementara Prof. Eko memaparkan Internet of Things.
Welcome to Informatika, menjadi tema di Olimpiade TIK Nasional ( OTN ) III di Denpasar,Bali, 17 s.d 19 November 2018. Pada even 3 hari ini, IGTIK PGRI juga menggelar seminar dalam rangka sosialisasi matpel baru tersebut. Hadir sebagai pembicara diantaranya Prof. Inggriani Liem dan Hasan Chabibie.
Sebagai dasar hukum, pemerintah secara resmi telah mengeluarkankan Permendikbud No 34 Tahun 2018 Tentang Standar Nasional SMK/MK, Permendikbud No 35 Tahun 2018 Tentang Struktur K13 SMP/MTs, Permendikbud No 36 Tahun 2018 Tentang Struktur Kurikulum 2013 SMA/MA, dan Permendikbud No 37 Tahun 2018 Tentang KI dan KD Kurikulum 2013 SD , SMP & SMA8 sebagai perubahan atas Permendikbud RI Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013. Di tingkat SMP/MTs, informatika masuk Kelompok B/Matpel Umum degan alokasi waktu 2 jam pelajaran/minggu. Di tingkat SMA/MA kelas X dengan alokasi waktu 3 jam pelajaran dan kelas XI dan XII dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
Untuk sosialisasi Permendikbud baru ini, pengurus IGTIK PGRI merencanakan akan menggelar rakernas guru TIK se Indonesia pada Sabtu, 19 Januari 2019. Panitia telah mengagendakan Mendikbud RI, Prof. Dr. Muhajir Effendi, MAP. sebagai keynote speaker, dan juga menghadirkan beberapa nara sumber dari jajaran kemendikbud  dan tokoh pendidikan lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "WELCOME TO INFORMATIKA"