ADA SEMINAR NASIONAL PADA GELARAN MILAD SMA NEGERI 1 CIKEMBAR

Hj. Dike Mustikawati, Iman Sofyani, S.Pd., Prof. Dr. Iskandarwassid dan
Dr. Iyep Chandra di Seminar SMAN 1 Cikembar


Sukabumi (Guneman)Peran seorang guru profesional bukan hanya soal jago mengajar. Lebih lanjut, seorang guru profesional merupakan kemasan komplet dari seseorang yang jago ngajar, bisa diterima lingkungan, inspirasi banyak orang, dan senantiasa menaikan level dirinya. Lebih lanjut, seorang guru profesional di abad 21 itu adalah seorang guru yang produktif dan efektif; produktif dalam berkarya, dan efektif dalam mengemas cara menyampaikan karyanya.

Pesan tersebut diungkapkan oleh Kepala SMA Negeri 1 Cikembar, Iman Sofyani, dalam sambutannya ketika membuka Seminar “Peningkatan Mutu Guru Bahasa dan Sastra Indonesia melalui Peningkatan Publikasi Ilmiah dan PTK”, Kamis(21/2). Seminar ini diselenggarakan oleh SMA Negeri 1 Cikembar bekerja sama dengan pihak Universitas Suryakancana Cianjur dalam rangka Dies Natalies ke-31 SMARSI All Fiesta. "Semoga silaturahmi antara pihak universitas dan sekolah formal dapat terus terjalin untuk melahirkan pemikiran-pemikiran dalam rangka solusi  peningkatan pendidikan di lapangan, terutama dalam hal ini guru-guru agar aktif menulis di sekolah," kata Iman.

Panitia mengundang sekitar 60 peserta dari seluruh pelosok Kota dan Kabupaten Sukabumi untuk berpartisipasi dalam seminar tersebut. Peserta yang hadir merupakan representasi dari guru-guru Bahasa Indonesia setingkat SMA dan SMP, bahkan beberapa peserta datang jauh-jauh dari sekolah di Sukabumi Selatan, seperti Surade dan Jampang Kulon.

"Kami senang dengan acara ini, selain bisa silaturahmi, kami juga mendapat ilmu baru mengenai publikasi jurnal dari sumber-sumber yang kompeten," ujar Nurjatnika, peserta asal SMA Negeri 1 Surade, yang juga merupakan mahasiswa S-2 dari Universitas Suryakancana Cianjur. Selain bersyukur atas kegiatan seminar, Nurjatnika pun mengaku senang karena dalam kegiatan seminar itu, pihak SMA Negeri 1 Cikembar juga mengadakan banyak hiburan dan bazaar dalam rangka Miladnya yang ke-31.

Ibu Anggraeni, seorang peserta seminar asal SMP 4 Jampang Tengah, mengungkapkan bahwa dirinya terinspirasi untuk bisa menulis jurnal. Oleh karena itu, dirinya mengajak rekan-rekan sesama guru Bahasa Indonesia untuk terus menulis karya ilmiah. "Sepertinya, mulai tahun depan saya harus belajar menulis jurnal dari suhu-suhu di Universitas Suryakancana. Mungkin saya mau melanjutkan kuliah di sana," tuturAnggraeni.

Disiplin Beradministrasi

Direktur Pascasarjana Universitas Suryakancana Cianjur, Dr. Iyep Chandra Hermawan, M.Pd., memberikan ceramahnya mengenai tantangan guru profesional di abad ke-21.

Dalam makalahnya, Iyep mengungkapkan bahwa tantangan guru abad ke-21 itu ada tujuh. "Menurut Sukamto, tantangan guru itu adalah teaching in multicultural society, teaching for construction of meaning, teaching for active learning, teaching and technology, teaching with new view about abillities, teaching and choice, dan teaching and accountability," kata Iyep.

Hal tersebut diamini oleh Prof. Dr. H. Iskandarwassid sebagai pembicara kedua. Menurutnya, ada tiga keberhasilan guru dalam menyusun artikel jurnal. Pertama adalah kegigihan dalam membaca referensi. Kedua adalah peka dalam mengangkat masalah pembelajaran. Ketiga adalah senantiasa menuliskan apa yang menjadi keresahannya dalam mengajar.

"Minimal untuk memulai sebuah artikel ilmiah itu, kita dituntut untuk membaca tiga buah buku," JelasProf. Iswas (Panggilan narasumber-red).

Lain lagi isi makalah yang diungkapkan Dr. Hj. Siti Maryam. Menurut dosen pascasarjana Universitas Suryakancana itu, guru yang profesional itu adalah guru yang berhasil berdisiplin dengan segala administrasi kegiatan.

“Setiap kegiatan yang kita ikuti, seperti seminar pada hari ini, guru kreatif akan tuliskan dalam bentuk tulisan. Nah, tulisan inilah yang kelak akan membantu guru bersangkutan untuk naik pangkat,” ujarnya. (Panji Pratama)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ADA SEMINAR NASIONAL PADA GELARAN MILAD SMA NEGERI 1 CIKEMBAR "

Post a Comment