Aplikasi Tebakaku 1.4 Diluncurkan, Ini Perbedaan dari Sebelumnya



GUNEMAN (SUKABUMI) - Aplikasi permainan kata baku melalui smartphone, Tebakaku, di-update ke versi 1.4, Kamis (21/02/2019).
Pajar Pramuji, Game-Developer Tebakaku, mengatakan aplikasi ini memiliki beberapa hal yang berbeda dari rilisan sebelumnya.
"Di Tebakaku versi 1.4 ini, kami sudah menyediakan level permainan. Pada versi ini pun pengunduh dapat memainkan tantangan permainan beta yang lebih sulit," ujarnya saat ditemui di studionya di Sukabumi.
Aplikasi Tebakaku pada awalnya merupakan aplikasi permainan tebak kata baku yang dibuat untuk memudahkan pembelajar bahasa Indonesia mengenal bentuk kata baku dan tidak baku dengan konsep bermain. Versi awal dari aplikasi ini sendiri dirilis pada akhir Januari 2019.
“Saya bersama kakak saya mendirikan Kazoku Studio yang fokus dalam pembuatan game edukasi. Kebetulan saya adalah guru bahasa Inggris, sedangkan kakak saya adalah guru Bahasa Indonesia. Jadi, Tebakaku ini merupakan bentuk keresahan kami juga sebagai guru.” Jelasnya.
Sementara itu, sejak dirilis akhir Januari lalu, aplikasi Tebakaku ini pun sudah diunduh lebih dari 1000 orang pada google apps store. Pajar berharap, tahun depan, studio beserta karya-karyanya bisa diakui sebagai start-up dan developer aplikasi edukasi dari Jawa Barat.
“Kakak saya berencana mengikutsertakan aplikasi ini pada gelaran Atikan Award yang digagas Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.” Tambahnya.
Asmawati, seorang guru bahasa Indonesia asal Binjai, Sumatera Utara, ikut mengomentari rilisnya aplikasi pembelajaran kata baku Bahasa Indonesia yang dibuat oleh guru Bahasa Indonesia ini. Menurutnya, kehadiran aplikasi ini bentuk kesiapan guru atas Era Industri 4.0.
"Saya apresiatif sekali pada Pak Panji (Game Desaigner Tebakaku-Red). Di sela-sela kesibukannya sebagai guru, dia mau berbagi untuk membuat media pembelajaran berbasis aplikasi android ini. Salut buat dia dan adiknya." Tuturnya.
Selain itu, aplikasi ini pun mendapat sambutan hangat oleh komunitas guru-guru Bahasa Indonesia Seluruh Indonesia. Dalam satu pekan perilisannya, aplikasi ini telah dimainkan di banyak sekolah SMA di seluruh Indonesia dan mendapatkan respon positif dari siswa-siswi SMA yang memainkannya.
“Ke depan, semoga saya dan kakak saya bisa membuat aplikasi lain yang bisa membawa keinginan guru-guru. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk mengirim feedback kepada kami di fitur kirim masukkan pada  aplikasi yang sudah disediakan.” Pungkasnya. (Panji Pratama)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi Tebakaku 1.4 Diluncurkan, Ini Perbedaan dari Sebelumnya"

Post a Comment