ASOSIASI GURU SEJARAH INDONESIA (AGSI) TERBENTUK DI JAWA BARAT

Peserta Pertemuan Pembentukan AGSI Jawa Barat

Guneman-Bandung. Sabtu, 16 Februari 2019 sejumlah guru sejarah SMA, SMK, dan MA dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Barat berkumpul di SMA Negeri 26 Bandung untuk mendirikan suatu organisasi profesi, Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI). Pertemuan ini sebagai tindaklanjut dari kongres pembentukan Pengurus  Pusat AGSI periode 2018-2022 di LPMP DKI Jakarta pada 26-28 Oktober 2017.

Yayan Syalviana, S.Pd., selaku Ketua MGMP Sejarah SMA Kota Bandung dan Forum Guru Sejarah Jawa Barat, dalam pembukaannya mengatakan, “Pembentukan AGSI Jawa Barat sebagai salah satu agenda berkesinambungan dari pusat dan wilayah provinsi lain, AGSI tidak terikat oleh struktur kedinasan, tetapi profesional, independen, berbadan hukum, bersifat nasional menjangkau seluruh guru sejarah di jenjang SMA/SMK/MA/MAK/sederajat.

Sementara itu Tedi Sutardi, M.Pd. yang juga Ketua MGMP Sejarah SMK Jawa Barat, berpendapat bahwa AGSI Jawa Barat dapat dijadikan momentum dalam mengembangkan profesionalitas guru sejarah sampai jenjang nasional, saling melengkapi kebutuhan guru selain dari MGMP kabupaten/kota atau provinsi,

Perwakilan dari Madrasah Aliyah, Yayu Siti Habsoh, M.Pd. mengatakan bahwa bergabung dalam AGSI merupakan sebuah peluang baik untuk kalangan guru Madrasah Aliyah sebagai jembatan informasi saling berbagi pengetahuan antar jenjang pendidikan.

Salah seorang peserta yang berasal dari SMA Darul Hikmah, Ayi Setiadi, M.Pd., mengingatkan perlunya pengurus terpilih secepatnya menyusun AD/ART AGSI Jawa Barat menyesuaikan dengan AD/ART Pusat.

Pengurus AGSI Jawa Barat
Pada pertemuan tersebut berhasil disepakati terbetuknya Pengurus AGSI Jawa Barat dengan Ketua Yayan Syalviana, S.Pd. , Sekretaris  Tedi Sutardi, M.Pd. dan Yayu Siti Habsoh, M.Pd. sebagai Bendahara. (Reportase: Rolla Fardila, S.Pd.)



  


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ASOSIASI GURU SEJARAH INDONESIA (AGSI) TERBENTUK DI JAWA BARAT"

Post a Comment