FKGIPS NASIONAL DIKUKUHKAN MENJADI APKS IPS PGRI


Wijaya, M.Pd. berbaju merah bersama Ketum PB PGRI
Guneman-Jakarta-Forum Komunikasi Guru IPS (FKGIPS) Nasional dikukuhkan secara resmi menjadi Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis (APKS) untuk IPS di lingkungan organisasi PGRI. Pengukuhan dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan  Konferensi Kerja Nasional (Konkernas) PB PGRI di Hotel Grand Campaka Jakarta, Jumat 8 Februari 2019. 

Kegiatan tersebut hadir pula Mendikbud RI dan Dirjen GTK Kemdikbud. Dalam sambutannya Mendikbud RI Prof. Dr. H.Muhajir Efendy, M.AP, menyampaikan selamat kepada organisasi APKS yang baru dikukuhkan dan menyampaikan salam hangat untuk seluruh guru Indonesia.

Mendikbud RI memberikan sambutan di Konkernas PGRI
Pengukuhan ini merupakan tindak lanjut dari rangkaian kegiatan sebelumnya. Berawal dari undangan yang disampaikan PB PGRI kepada Ketua Umum FKGIPS Nasional untuk hadir di Gedung Guru Indonesia yang menjadi sekretariat PB PGRI pada 15 januari 2019. Pada pertemuan tersebut PB PGRI melalui ketua umumnya, Dr. Unifah Rasyidi, M.Pd. menawarkan kepada FKGIPS Nasional untuk menjadi members of association PGRI  dalam bentuk APKS. FKGIPS Nasional membawa permasalahan ini ke dalam Munaslub sekaligus Mukernas FKGIPS Nasional di Surabaya, 2-3 Februari 2019, hasilnya FKGIPS Nasinal sepakat bergabung menjadi bagian otonom dari PGRI dalam bentuk APKS PGRI.

APKS PGRI adalah kelengkapan organisasi PGRI pada tingkat Pengurus Besar, pengurus provinsi, dan pengurus kabupaten/kota yang berfungsi membina dan mengembangkan profesi guru. Anggota APKS PGRI meliputi perkumpulan/ikatan/himpunan/asosiasi guru, dosen dan/atau tenaga kependidikan yang dibentuk atas kesamaan bidang ilmu dan/atau rumpun ilmu atas kesamaan pekerjaan atau keahlian.

Pengurus PB PGRI bersama Pengurus APKS
Adapun fungsi dari APKS PGRI adalah membina dan mengembangkan satuan asosiasi profesi dan keahlian sejenis. Selain itu APKS juga berperan membina dan mengembangkan keprofesian dan/atau keahlian secara berkelanjutan untuk mewujudkan guru, dosen, dan tenaga kependidikan yang profesional.

Pada kesempatan yang sama juga dikukuhkan Matematika Nusantara sebagai APKS Matematika dan pelantikan  APKS Bahasa Inggris. (Enang Cuhendi-Guneman)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "FKGIPS NASIONAL DIKUKUHKAN MENJADI APKS IPS PGRI"

Post a Comment