ANTUSIASME SISWA DI PELATIHAN MENULIS L3


Garut-Guneman. Kamis, 31 Januari 2019, bertempat di Ruang IPS SMPN 3 Limbangan  (L3) menggelar kegiatan pelatihan menulis dan menerbitkan buku. Acara  diikuti 34 siswa dan 9 guru. Ke-34 siswa ini merupakan siswa perintis penggerak literasi dan memiliki tekad yang kuat untuk menjadi penulis.

Kegiatan ini terlaksana berawal dari gagasan Enang Cuhendi, S.Pd. MM.Pd., seorang pengiat literasi dan redaktur majalah Guneman. Ia berkeinginan untuk menularkan semangat menulis terhadap seluruh civitas akademika SMPN 3 Limbangan. Tujuannya agar lahir generasi-generasi yang suka menulis dan punya kemampuan dalam menulis.

Sesi pertama diisi dengan  materi motivasi menulis dan teknik menerbitkan buku disampaikan oleh Enang Cuhendi. Sangat antusias semua peserta mengikuti sesi materi yang disampaikan ketua PW FKGIPS Jabar ini.  Karena caranya membawakan materi yang cukup menarik dan menyenangkan peserta begitu tekun dan antusias mengikutinya.

Sesi kedua tehnik menulis praktis masih dibawakan redaktur pelaksana Guneman online ini. Semangat peserta masih terlihat besar. Terbukti ketika semua peserta ditugaskan untuk menulis dalam waktu 5 menit, mereka dapat menghasilkan tulisan-tulisan yang sangat bagus dan menarik.  Karya yang dihasilkan sangat beragam sesuai gaya menulis masing-masing. Ada reportase, opini, cerpen bahkan puisi. Semua mengerjakannya dengan sungguh-sungguh.

Sesi ketiga dibawakan oleh tim penulis fiksi SMPN 3 Limbangan yang juga redaktur daerah majalah Guneman,  Nurlaela Siti Mujahidah, S.Pd, salah seorang pengajar Mata pelajaran IPA dan  Lina Herlina, S.Ag, M.Pd.I guru PABP. Materi yang dibawakan tentang Tehnik menulis puisi, fiksimini dan cerpen.

Pada sesi terakhir ini, peserta tak kalah semangatnya dengan sesi sebelumnyanya. Terbukti dengan dapat diselesaikannya tantangan untuk menuliskan sebuah fiksimini, bahkan cerpen yang ditugaskan untuk dikerjakan di rumah ada yang sudah selesai saat itu juga

Pada saat menutup acara, Enang Cuhendi selaku penggagas kegiatan merasa puas melihat kesungguhan peserta. Selanjutnya hasil kegiatan ini direncanakan akan dibukukan menjadi ontologi artikel dan cerpen. (Reportase Lina Herlina)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ANTUSIASME SISWA DI PELATIHAN MENULIS L3"

Post a Comment