IHT LITERASI DIGITAL DAN PENYUSUNAN RPP BERBASIS SINTAK DI SMA NEGERI 1 CIAWI


Bogor-Guneman. Rabu, 20 Februari 2019, SMA Negeri 1 Ciawi mengadakan kegiatan IHT Literasi Digital dan Penyusunan RPP Berbasis Sintak. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh staf pengajar sebanyak 49 guru dan dihadiri oleh Pejabat Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I. Adapun narasumber yang diundang yaitu Bapak Andriansyah Paramita, S.Hut., M.Pd. dan Bapak Edyar Rahayu Malik, S.Pd., M.Pd.

Acara diawali dengan siraman rohani yang disampaikan oleh Bapak Mohamad Ihsan selaku guru mapel PAI. “Barangsiapa yang hari ini lebih baik daripada hari kemarin, maka ia termasuk orang yang beruntung. Barangsiapa hari ini sama saja dengan hari kemarin, maka ia termasuk orang yang merugi. Barangsiapa yang hari ini lebih buruk daripada hari kemarin, maka ia terlaknat,” ungkap Pak Ihsan menyitir perkataan Ali bin Abi Thalib. “Oleh karena itu, niatkan kegiatan ini dalam rangka ibadah disertai keikhlasan agar termasuk golongan orang yang beruntung,” pungkasnya.

Ibu Hj. Mamah Maryamah, S.Pd., M.M. selaku kepala sekolah, dalam sambutannya berpesan kepada seluruh peserta yang hadir agar memanfaatkan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kompetensi. “Mari kita ikuti kegiatan ini dengan semangat untuk menambah ilmu disertai dengan ikhlas karena Allah semata,” ungkapnya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Kasi Pelayanan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I, Bapak Drs. H. Tatang Kurnia, M.M.Pd. sekaligus membuka acara secara resmi. Dalam sambutannya, Beliau mengingatkan bahwa peran guru di era teknologi informasi menjadi sangat penting karena teknologi bisa berdampak dua sisi. “Kita harus mampu mengamalkan quu anfusakum wa ahliikum naaro. Jagalah dirimu dan keluargamu dari panasnya api neraka,” ujarnya.

Materi pertama disampaikan oleh Bapak Andriansyah Paramita, S.Hut., M.Pd. mengenai literasi digital. Dalam hal ini, beliau mengkhususkan fokus pelatihan dalam pembuatan e-modul. Para guru langsung diajak praktik membuat e-modul dengan memanfaatkan aplikasi Sigil.

Materi terakhir yaitu penyusunan RPP berbasis sintak. Edyar Rahayu Malik, S.Pd., M.Pd. selaku narasumber sekaligus guru mapel bahasa Indonesia di SMAN 1 Ciawi menyampaikan fokus bahasannya seputar model-model pembelajaran dan penerapannya dalam langkah-langkah pembelajaran pada RPP. (Edyar-Guneman)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "IHT LITERASI DIGITAL DAN PENYUSUNAN RPP BERBASIS SINTAK DI SMA NEGERI 1 CIAWI"

Post a Comment