JAGALAH DENGAN BAIK SEBELUM DIA HILANG


Oleh: 

Laras Milani*)

Tingkat kriminalitas di Indonesia meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2017, tingkat kejahatan di Indonesia menunjukan tren yang meningkat sejak 2014-2016. Salah satu tindak kriminal yang paling besar sumbangsihnya terhadap peningkatan angka kriminalitas adalah pencurian. Tercatat kurang lebih 36.477 kasus pencurian selama tahun 2016. Kasus pencurian tersebut banyak dilakukan oleh kalangan remaja, penyebabnya adalah kebutuhan remaja tidak terpenuhi, lingkungan, dan kebiasaan (Ferdiansyah, 2013).
Kebiasaan remaja ini, terutama siswa, memang tidak terlepas dari yang namanya pulpen, di mana barang ini rentan dicuri. Hal seperti ini seperti lumrah dan biasa meskipun hanya pencurian biasa, tetapi jika dibiarkan terus-menerus dapat mengakibatkan tingkat pencurian yang lebih besar lagi.
 Pulpen ini memang benar-benar misterius, aku pun pernah mengalami hal yang sangat menyebalkan ketika mendengar barang ini. Aku sering kehilangan barang yang berukuran kecil mungil, dan murah meriah ini, penyebabnya mungkin hal yang sepele di mana temen sering meminjam pulpenku sebentar karena alasan-alasan tidak jelas. Namun ketika sudah dipinjamkan, temanku pun tidak mengembalikannya lagi yang akhirnya hilang. Hal ini sangat menyebalkan di mana ketika aku mau mencatat materi pelajaran malah hilang. Terkadang pulpen baru beli sehari pun sudah hilang atau lenyap saja.
Aku sangat kesal memang, terkadang ingin rasanya aku melaporkan ke polisi akan kasus ini, namun sayangnya mungkin tidak ada maling atau pencuri yang masuk penjara gara-gara maling pulpen. Hingga akhirnya untuk meluapkan kekesalanku itu aku sering melemparkan sandal jepitku sampai rusak. Sembari kesal tersebut aku pun teringat ternyata sendal jepitku pun pernah hilang dan tertukar di masjid. Di mana aku pernah pulang tanpa memakai sendal dan kadang pulang menggunakan sendal lain yang rusak.
Kehilangan sandal jepit dan pulpen memang sudah menjadi hal yang lumrah dan sangat menyebalkan. Menjaga pulpen sampai tintanya habis dan sandal jepit sampai rusak sendirinya merupakan suatu prestasi yang sangat sulit dilakukan. Namun tidak ada yang salah jika kita mencoba menjaganya agar tidak gampang hilang atau tertukar, salah satunya dengan menamai  pulpen dengan nama kita dengan kertas yang diselmuti selotip bening, selain itu untuk menjaga sandal kita agar tetap aman di antaranya kita harus menyimpannya di tempat aman seperti menitipkannya ke marbot masjid.
Pulpen dan sandal ini sangat bermanfaat namun kedua barang ini pun memiliki potensi yang tinggi untuk hilang maupun tertukar. Hal tersebut memang sudah menjadi suatu kebiasaan buruk yang harus dihilangkan. Dengan demikian, untuk meminimalisasi hal tersebut, yang harus dilakukan adalah menjaga, merawat, dan mengantisipasi dengan sebaik-baiknya agar barang tersebut tidak hilang dan tertukar. ***

*) Laras Milani. Gadis kelas XII.MIPA.3 di SMA Negeri 1 Nagrak ini lahir pada 2 Juni 17 tahun lalu. Selain memasak, gadis manis ini hobi sekali menulis.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JAGALAH DENGAN BAIK SEBELUM DIA HILANG"

Post a Comment