METAPORA INDAH ALLAH SWT.


Oleh : Esep Muhammad Zaini, M.Pd.


Tiga serangga yang Allah Swt. abadikan dalam Alquran,yaitu Laba-laba (Al-Ankabut), Semut (An-Naml) dan Lebah (An-Nahl). Ketiganya mempunyai sifat dan karakter yang berbeda. Tentu hanya Allah Swt. yang paling memahami segalanya. Kita hanya sebatas berusaha menafsirkan sesuai dengan kemampuan otak dan hati pemberian Allah Swt.

Pertama, Laba-laba. Serangga ini membangun rumah yang paling rapuh. Dibangun sendirian oleh betina. Sang jantan (suami) setelah membuahi, lalu diusir atau kabur. Sebab, kalau serumah akan diterkam sang betina (istri). Begitu pula sang anak akan segera meninggalkan rumah. Karena khawatir disantap sang ibu.

Sang ibu hidup sendirian. Rumah tak kokoh lagi. Sekali diterjang angin, robohlah rumah itu.

Kedua, Semut. Serangga ini selalu hidup bersama. Berkelompok. Saling membahu dalam bekerja. Gotong-royong. Patuh kepada pemimpinnya. Bertenaga kuat. Bisa mengangkut benda yang beratnya tiga hingga sepuluh kali lipat berat tubuhnya.

Semut selalu mengumpulkan makanan (harta kekayaan) yang bisa melebihi panjang usianya. Bahkan, bisa-bisa mati karena tertimpa makanannya. Tamak tingkat dewa.

Ketiga, Lebah. Serangga yang satu ini mempunyai rumah indah dan kokoh hasil bergotong-royong. Hidup bergerombol, saling membahu dan saling berbagi pekerjaan.

Lebah sangat disiplin dalam pembagian kerja. Ada lebah pekerja, ada lebah ratu, dan ada lebah pejantan.

Semua bekerja dengan teratur tanpa saling sikut atau mengeluh. Segala residu yang tidak berguna disingkirkan dari sarang. Makanannya terpilih dari yang baik-baik yaitu nektar (sari bunga). Sari bunga dihisap dan tidak menimbulkan kerusakan. Dari sari makanan yang baik dihasilkan produk yang baik pula, yaitu madu yang sangat bermanfaat bagi manusia.

Sarang lebah juga terkenal sangat steril sehingga tidak ada bakteri yang menyusup. Karena itu tidak ada pembusukan dalam sarang lebah. Lebah tidak akan mengganggu, kecuali ada yang mengganggu atau menyerangnya. Kalaupun mencoba menyerang atau membalas, sengatannya bisa menjadi obat dan sarana sejumlah terapi kesehatan. Karena itu Allah Swt. sengaja memberi pesan lewat lebah agar mengambil sifat-sifatnya untuk bisa diwujudkan dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Tiga metapora yang indah dari Allah Swt. bagi manusia yang berpikir.

Penulis adalah Pemimpin Redaksi Majalah Pendidikan Guneman

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "METAPORA INDAH ALLAH SWT."

Post a Comment