PELATIHAN PEMBUATAN SOAL UAS BAHASA INDONESIA SMP DI KABUPATEN SUKABUMI



Guneman-Sukabumi. Jumat, 15 Februari 2019 MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan kegiatan pelatihan pembuatan soal ujian akhir sekolah. Kegiatan ini dihadiri oleh lima orang perwakilan guru dari setiap komisariat. Luasnya wilayah Kabupaten Sukabumi terbagi menjadi delapan komisariat. Para perwakilan pada tingkat komisariat ini nantinya diharapkan dapat menyampaikan hasil pelatihan kepada seluruh Guru Bahasa Indonesia SMP  di komisariatnya masing-masing. 

Pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru ini dikemas dengan pola in-on-in. Setelah kegiatan 15 Februari dilanjutkan kegiatan di sekolah masing-masing. Selanjutnya, akan dilaksanakan pertemuan kembali untuk menindaklanjuti hasil kegiatan di sekolah.

Pembukaan pelatihan diisi dengan sambutan Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMP (Ratna Muda Ningrum, M.Pd.), sambutan Kepala SMP Negeri 3 Cibadak (H.Mochamad Soleh, S.Pd., M.M.Pd.), serta sambutan Pengawas Bahasa Indonesia (H.Kanto, M.Pd.). Sinergi yang dibangun oleh unsur guru, kepala sekolah, serta pengawas merupakan kekuatan yang sangat prima untuk memotivasi para guru agar semakin profesional. 

Kegiatan yang bertempat di SMPN 3 Cibadak ini merupakan salah satu program kegiatan MGMP Bahasa Indonesia SMP tahun 2019. H.Kanto, M.Pd. sebagai narasumber  pelatihan menyampaikan materi tentang pengembangan soal berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills-Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi). Setelah menyimak paparan materi dari narasumber,  peserta secara berkelompok melakukan praktik pembuatan soal. Kegiatan in-1 diakhiri dengan refleksi dari peserta lalu ditutup oleh Ketua MGMP Bahasa Indonesia.

Peserta tampak antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Indahnya saling berbagi dalam suasana yang penuh kekeluargaan serta harapan agar MGMP dapat terus memfasilitasi kegiatan-kegiatan efektif untuk para guru disampaikan oleh H.Mahmud, M.Pd salah seorang peserta pada saat refleksi kegiatan.  

Refleksi yang positif dari peserta kegiatan, semoga menjadi motivasi para peserta agar upaya meningkatkan kompetensi guru bukan sebagai beban karena tugas yang diberikan, melainkan sebagai panggilan hati yang ikhlas karena kebutuhan. Salam sukses untuk para Guru Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Sukabumi, semoga semakin literat, bermatrabat, serta memikat. (Ratna Muda Ningrum-Guneman)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PELATIHAN PEMBUATAN SOAL UAS BAHASA INDONESIA SMP DI KABUPATEN SUKABUMI"

Post a Comment