Rampak Gendang SMPN 5 Tasikamalya Meriahkan Sosialisasi dan Edukasi Ketahanan Pangan



Tasikmalaya-Guneman. Rampak gendang SMPN 5 Tasikmalaya ikut memeriahkan pembukaan Sosialisasi dan Edukasi Ketahanan Pangan, Jumat (22/2). Kegiatan Edukasi Ketahanan Pangan yang diadakan oleh Dinas Ketahan Pangan Kota Tasikmalaya diikuti 1.042 siswa dan 67 Guru SMPN 5 Tasikmalaya.  Menurut Kadis Ketahanan Pangan, Ir. H. Abu Mansyur, M.Si., yang didampingi Kepala BPOM Kota Tasikmalaya, H. Jajat Setia Permana, Apt,M.Sc., tujuan diadakannya Sosialisasi dan Edukasi Ketahanan Pangan ini untuk mengenalkan produk pertanian  dan  keanekaragaman serta keamanan pangan nonberas kepada siswa. Masih banyak anak-anak belum mengetahui jenis dan produk makanan  hasil pertanian. Hasil dari kegiatan ini diharapkan anak-anak dapat memiliki pengetahuan tentang produk pertanian yang dapat diolah menjadi makanan sehat sebagai pengganti beras. “Saya harap anak-anak dapat mengenal lebih jauh tentang ketahanan dan keanekaragaman pangan sekaligus menjadi Duta Ketahanan Pangan,” ucap Abu penuh harap.
Hj.YuyuSiti Noorhaesih, M.Pd., Kepala SMPN 5 Tasikmalaya, mengatakan dirinya sangat mengapresiasi langkah Dinas Ketahanan Pangan menggelar kegiatan Edukasi Ketahanan Pangan di sekolahnya. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para siswa akan mengenal makanan produk pertanian dan keanekaragaman pangan sebagai pengganti beras. “Saya berharap SMPN 5 Tasikmalaya menjadi pelopor  ketahanan dan keamanan Pangan di Kota Tasikmalaya,” ujar Yuyun. “ saya juga mengucapkan terima kasih kepada Kadis Ketahanan Pangan Kota Tasikmalaya memilih SMPN 5 menjadi salah satu sekolah yang dipilih menjadi tempat penyelenggara Edukasi Ketahanan Pangan inisehingga anak-anak kami mengetahui  lebih dini  tentang keanekaragaman dan keamanan pangan,” lanjut Yuyun.
Di lain pihak, Hj. Susi, ketua pelaksana kegiatan Edukasi Ketahanan Pangan, mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah bersedia dan antusian menyambut kegiatan ini. Susi menjelaskan kegiatan ini merupakan program utama pihaknya dalam rangka mengenalkan produk  hasil pertanian dan keanekaragaman pangan kepada siswa. Kegiatan ini dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama adalah sosialisasi  yang diikuti seluruh siswa SMPN 5 Tasikmalaya  yang berjumlah 1024dan guru sebanyak 67 orang. Pada tahap ini disosialisasikan tentang produk dan keanekaragaman pangan. “Kami siapkan berbagai contoh produk dan keanekaragaman sehingga siswa dapat mengenal dan mencipipi langsung makanan yang mungkin mereka baru kenal,” ujar Susi.
Tahap kedua, lanjut Susi, adalah  edukasi tentang keamaan dan konsumsi sayuran dan umbian yang diikut sebanyak seratus siswa. Materi yang disajikan dalam  tahap ni adalah tentang Keamanan Pangan yang disajikan oleh Kepala BPOM, Jajat Setia Permanan, Apt. M.Sc., dan Konsumsi Sayuran dan Umbi-umbian untuk Kesehatan Tubuh disajikan oleh Lilik Hidayanti, dosen Gizi Unsil Tasikmalaya,. Kegiatan  ini dilaksanakan untuk lebih mengenalkan  dan memahami lebih jauh tentang keamanan pangan. Susi berharap peserta dapat menjadi duta ketahanan dan keamanan pangan yang dapat menyebarkannya kepada seluruh siswa yang ada. Pada sesi ini selain diberikan materi tentang keamanan pangan, peserta juga diberi konsumsi dan blok note.
Pemeriksaan Keamanan Makanan.
Di sela-sela kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Ketahanan Pangan pada siswa, beberapa petugas dari pihak BPOM  Kota Tasikmalayamengunjungi dan mengambil beberapa sampel makanan di kantin sekolah dan para pedagang. Pengambilan sampel makanan ini untuk diuji kelayakannya di laboratorium makanan. Menurut Jajat,pemeriksaan yang dilakukan pihaknyaterhadap sampel makanan yang diuji  hasilnya cukup bagus. Semua kandungan yang terdapat pada makanan diuji di labortorium  semuanya memenuhi syarat. “Kami sengaja membawa langsung armada laboratorium makanan untuk mengetes makanan yang di jajakan dan dijual di lingkungan sekolah. Kami merasa gembira dengan hasil yang diperoleh,” ucap  Jajat mantap. (Toni-Guneman)




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rampak Gendang SMPN 5 Tasikamalya Meriahkan Sosialisasi dan Edukasi Ketahanan Pangan"

Post a Comment