Rohis SMA Negeri 1 Ciawi Menggelar Mentoring Belajar Baca Quran




Bogor-Guneman. Ada sebuah pemandangan yang sangat menenangkan kalbu pada Sabtu, 23 Februari 2019 di SMA Negeri 1 Ciawi. Sekitar 25 orang siswa Kelas X (5 putra dan 30 putri) tengah mengikuti kegiatan Mentoring Rohis Kelas Khusus Belajar Baca Quran di Masjid Darut Tholibin SMA Negeri 1 Ciawi.

Sebuah fakta mengejutkan, data BPS Tahun 2013 menyatakan bahwa 53,8% kaum muslimin di Indonesia tidak bisa membaca Alquran. Sungguh prihatin, Alquran sebagai pedoman hidup umat manusia hanya dibaca oleh kurang dari separuh jumlah kaum muslimin di Indonesia. Bisa dibayangkan, berapa persen yang bisa membaca Alquran dan paham maknanya, dan berapa persen yang bisa membaca Alquran, paham maknanya, dan mengamalkan isinya.

Berangkat dari keprihatinan tersebut, Rohis SMA Negeri 1 Ciawi bekerja sama dengan Cinta Quran Foundation menggagas sebuah mimpi mulia, sebuah gerakan untuk membantu siswa-siswi SMA Negeri 1 Ciawi dalam belajar membaca Alquran.

“Kerja sama ini dimulai sejak Oktober 2018 dan berlanjut hingga sekarang. Awalnya kami mendata siswa yang belum bisa dan belum lancar membaca Alquran. Selanjutnya, Tim Mentor Cinta Quran Foundation datang ke sekolah kami untuk melatih siswa tersebut setiap dua minggu sekali. Alhamdulillah hingga saat ini ada progress yang cukup memuaskan,” papar Dadang Kohar selaku Pembina Rohis.

Dadang Kohar juga menjelaskan bahwa program ini juga sempat ditawarkan kepada sesama rekan guru pengajar PAI di sekolah-sekolah lain. Harapannya tiada lain agar kaum muslimin di Indonesia bisa kembali berinteraksi dengan Alquran yang penuh dengan keberkahan, sehingga Indonesia menjadi baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur.

“Pelatihan ini tidak berbayar. Metode pembelajaran dirancang khusus untuk memudahkan peserta belajar membaca Alquran. Kami mengajak berbagai pihak untuk bisa bergabung bersama mewujudkan cita-cita mulia ini,” ujar salah satu mentor dari Cinta Quran Foundation. (Edyar-Guneman)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rohis SMA Negeri 1 Ciawi Menggelar Mentoring Belajar Baca Quran"

Post a Comment