SCIENCE EXPO PERTAMA DI INDONESIA



Bandung Barat-Guneman-Science Expo  Kabupaten Bandung Barat (KBB-red)  pertama kali dilakukan di Indonesia yang melibatkan antar sekolah.” demikian penuturan Drs.Suhara, M.Pd., salah satu juri yang juga dosen di Departemen Biologi UPI. Pendapat tersebut disampaikan Suhara dalam  Science Expo tingkat SMP  yang  dilaksanakan di Al-Azhar Syifa Budi Parahyangan pada, Sabtu 2 Pebruari 2019.
“Kegiatan seperti ini merupakan sebuah motivasi buat guru dan siswa agar lebih mengembangan kemampuan dalam pelajaran IPA. Bukan juara yang harus dicapai namun keikutsertaan, itulah yang terpenting. Sehingga semua akan memiliki pengalaman yang berharga. Karena dari pegamatan saya selama menjadi juri, hampir semua peserta sudah memiliki kemampuan berekperimen dan memiliki percaya diri tinggi. Hanya perlu pengarahan sedikit saja. Harapan saya ke depan, kemampuan ekpserimen biologi dan fisikan seimbang. Peserta pameran diperbanyak, karena hal ini sangat penting untuk memberikan motivasi,” demikian harapan Drs.Suhara,M.Pd. .
Senada dengan Suhara, pada kesempatan membuka acara, Dr.  Sediono Abdullah, M.Si. mengatakan bahwa  kegiatan ini baru beliau temui dan sangat menginspirasi sehingga harus dipertahankan. Lebih lanjut kepala P4TK IPA ini mengatakan bahwa Science Expo  menunjukkan kepada masyarakat bahwa belajar IPA harus mengamati fenomena, bukan teori saja dan bisa menghasilkan produk yang bermanfaat untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Harapannya kegiatan ini  di  diseminasi ke kabupaten/kota lain agar menginspirasi dan memotivasi untuk menyelenggarakan kegiatan sejenis.
Dalam kegiatan ini sekira 30 SMP di KBB tampil sebagai peserta.  Adapun katagorisasi lomba terbagi menjadi tiga mata lomba. Ketiga mata lomba tersebut, yaitu: lomba praktikum berbasis KIT, lomba eksperimen inovatif dan pameran produk hasil PBM. Tampil sebagai juri, antara lain: Dr.Selly Feranie, SP.d. M.Pd., dosen berprestasi dari Departemen Fisika UPI, Drs.Suhara, M.Pd,  Cece Sutia, M.Pd. dan Nanang Saeful Anwar, S.Pd, M.Si
Science Expo  Kabupaten Bandung Barat  diselenggarakan oleh MGMP IPA.  Ajang lomba sains ini merupakan pelaksanaan yang kedua kalinya setelah tahun  2015. Menurut Wiwi Marwiyah Yasin, M.Si selaku Ketua MGMP IPA KBB dibandingkan ajang sebelumnya dalam kegiatan tahun ini terlihat ada beberapa kemajuan yang dicapai baik dari segi jumlah  peserta maupun keaktifan panitia.
Lebih jauh Wiwi  Marwiyah Yasin menyampaikan  bahwa tujuan Science Expo ini bukan sekedar ajang kompetisi untuk memperebutkan gelar juara. Atau sekedar bagi-bagi piala, hadiah dan doorprice yang berlimpah.  Namun merupakan ajang silaturahmi, berbagi dan menumbuhkan karakter positif lainnya bagi  guru maupun siswa. Juga berharap dapat menjadi bagian dari sistem penjaminan mutu pendidikan pembelajaran IPA.
Kepala Bidang Kurikulum SMP Bandung Barat, Dadang A. Sapardan, M.Pd. disela semaraknya kegiatan memberikan tanggapan bahwa  Science Expo merupakan kegiatan yang sangat positif karena dapat dijadikan sebagai  indikator penggunaan alat laboratorium dalam PBM. Kegiatan seharusnya diikuti oleh seluruh sekolah di Kabupaten Bandung Barat, minimal  yang mendapat bantuan alat lab IPA.
Dalam kegiatan ini tampil sebagai pemenang untuk lomba eksperimen berbasis KIT adalah SMP Negeri 1 Batujajar. Urutan berikutnya secara berurut-turut  juara dua sampai harapan 3 diraih oleh SMP Negeri 1 Cihampelas, SMP Negeri 1 Padalarang, Mts 4 Bandung Barat, SMP Negeri 2 Padalarang dan SMP Al-azhar Syifa Budi Parahyangan.
Untuk lomba eksperimen inovatif juara pertama diraih oleh SMP Negeri 2 Ngamprah. SMP Negeri  1 Cikalong, Mts 4 Bandung Barat, SMPN 1 Cipatat, SMP Krida Utama dan SMP Negeri  3 Ngamprah berada di posisi dua sampai harapan 3.
Sedangkan juara pertama pameran produk hasil PBM adalah SMP Negeri  2 Ngamprah, disusul oleh SMP Al-Azhar Syifa Budi Parahyangan dan SMP Negeri  4 Cipatat.
Atas capaian juara dalam dua lomba, yaitu lomba eksperimen inovatif dan pameran SMP Negeri 2 Ngamprah akhirnya dinobatkan sebagai juara umum dan berhak atas piala bergilir dari Bupati Bandung Barat. (Mardiah Alkaff – Guneman)




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SCIENCE EXPO PERTAMA DI INDONESIA"

Post a Comment