SOSIALISASI USBN DI MGMP BAHASA INDONESIA SMA KABUPATEN BOGOR




Bogor-Guneman. Sabtu, 16 Februari 2019 bertempat di SMA Negeri 2 Cibinong MGMP Bahasa Indonesia SMA Kabupaten Bogor menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi, Bedah Kisi-kisi, dan Latihan Penulisan Soal-soal USBN Tahun Pelajaran 2018/2019. Kegiatan dihadiri tidak kurang dari 96 guru mapel bahasa Indonesia yang mengajar di Kelas XII.

Edyar R. Malik, selaku Ketua MGMP, dalam sambutannya berharap agar kegiatan ini dapat diikuti dengan baik dan tertib hingga selesai. Edyar juga memaparkan agenda MGMP ke depan, yaitu wacana MoU dengan Perguruan Tinggi dan kunjungan ke Balai Bahasa Kabupaten Bogor.

Acara dilanjutkan dengan Pemaparan Kebijakan USBN oleh Abdul Syukur selaku Pengawas Pembina Mapel Bahasa Indonesia. Hal-hal terkait penyelenggaraan pembuatan kisi-kisi, alokasi dan pembobotan, perakitan soal, penggandaan soal, sampai pemeriksaan Lembar Jawaban USBN dipaparkan secara jelas dan detail, termasuk kebijakan khusus Cadisdik Wilayah I terkait penyelenggaraan USBN di SMA-SMK Kabupaten Bogor.

"Seharusnya soal disusun oleh satuan pendidikan. Namun, karena kondisi sekolah, ketersedian dan kemampuan guru yang belum memungkinkan, maka pembuatan soal berikut penggandaannya difasilitasi. Untuk itulah hari ini kita akan berlatih membuat soal USBN agar kompetensi kita bertambah," jelas Abdul Syukur.

Selain itu, Abdul Syukur juga menyampaikan bahwa keterampilan menulis itu penting sebagai lifeskill. "Menulis itu penting karena tulisan itu akan lebih berumur panjang dari penulisnya. Bahkan, tulisan itu akan sampai ke yaumul hisab dan bisa ikut menentukan nasib kita di akhirat," pungkasnya.

Pernyataan Abdul Syukur disambut baik dan dimanfaatkan oleh Ketua MGMP untuk mempromosikan majalah Guneman. Edyar mengajak para guru untuk mengirimkan tulisan, baik berupa artikel, opini, maupun karya fiksi untuk dimuat di Guneman.

Acara dilanjutkan dengan praktik penulisan soal. Peserta dibagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu: kelompok 2006, kelompok 2013, dan kelompok sastra. Setiap kelompok dibekali kisi-kisi sebagai acuan untuk membuat soal. Setiap peserta diberi tugas untuk membuat tiga soal PG dan satu soal Uraian. (Edyar-Guneman)





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SOSIALISASI USBN DI MGMP BAHASA INDONESIA SMA KABUPATEN BOGOR"

Post a Comment