TAHSIN QURAN DI SMA NEGERI 1 CIAWI


Ciawi-Guneman.

“Al... al... bukan ale!”
“Al, ya?”
“Ya, alhamdu. Jangan dipantulkan, alehamdu, karena bukan qolqolah.”

Itulah secuil percakapan yang terdengar di Masjid Darut Tholibin yang terletak di lantai 2 SMAN 1 Ciawi, Kamis, 14 Februari 2019 siang itu. Tepatnya sekitar dua belas guru tengah antusias belajar mengkaji Alquran bersama guru mapel PAI, Dadang Kohar, S.Pd.I.

“Ini adalah pertemuan perdana. Insyaallah akan rutin dilaksanakan setiap Kamis dari mulai pukul 14.00 sampai dengan waktu asar. Memang pesertanya hampir semuanya ibu-ibu. Hanya Pak Tata saja ini satu orang bapak-bapak yang mendampingi,” ungkap Pak Dadang Kohar sambil berkelakar.

“Jadi kami ingin memanfaatkan waktu, ketika anak-anak latihan pramuka aktualisasi, maka kami meluangkan waktu melaksanakan pengajian di sini. Sebetulnya sudah lama ingin mengadakan pengajian seperti ini. Alhamdulillah, Pak Dadang langsung merespon,” ungkap Bu Jati, salah satu peserta pengajian yang paling antusias.

Pak Dadang juga memaparkan bahwa metode yang digunakan yaitu, Tahsin Quran. Tahsin berasal dari bahasa Arab yang mempunyai arti memperbaiki, memperkaya, atau menguatkan. Tahsin Quran juga dapat diartikan sebagai penyempurnaan hal-hal yang berkaitan dengan kesempurnaan lafaz pengucapan huruf-huruf Al Quran dan penyempurnaan dalam pengucapan hukum hubungan di antara huruf dengan huruf yang lain seperti ikhfa, idzhar, idgham, dan yang lainnya.

“Jadi pada pertemuan pertama ini, peserta secara bergiliran membaca surah Alfatihah. Kemudian dikoreksi kesalahan bacaannya, baik makhraj-nya maupun panjang-pendeknya,” jelas Dadang Kohar.

Insyaallah kegiatan ini berkah manfaat. Mengkaji Al-Quran adalah kemuliaan yang sangat besar untuk manusia. Allah Tuhan Yang Maha Besar, Maha Tinggi, bermaksud memberikan kepada manusia kemuliaan untuk berbicara dan berkomunikasi dengan-Nya melalui ayat-ayat Al Quran ini. Kemuliaan ini tidak diberikan kepada makhluk-makhluk yang lainnya termasuk para Malaikat. (Edyar-Guneman)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "TAHSIN QURAN DI SMA NEGERI 1 CIAWI"

  1. Dengan adanya guru yang membimbing kita akan tahu kekurangan bacaan dan kesalahan makharijul huruf

    ReplyDelete