Geliats Kembali Menggeliat





Bandung-Guneman. Setelah berbagai program literasi berhasil dilaksanakan oleh Kelompok Kerja Gerakan Literasi Sekolah (Pokja Geliats) Disdik Kota Bandung, maka pada Kamis,  28 Februari 2019 yang lalu, kembali diadakan rapat koordinasi antara pengurus dan anggota Geliats. Rakor itu juga dihadiri oleh Kabid Pembinaan dan Pengembangan SMP Kota Bandung, Hadiana Soeriaatmadja dan Kasi Sarpras Disdik Kota Bandung, Drs. Nana Hanadi,M.M.Pd.

Dalam rakor ini, Bunda Elia, panggilan akrab Elia Suganda, M.Pd, sebagai ketua membahas mengenai visi dan misi Geliats.  Sedangkan Kasi Sarpras Disdik Kota Bandung, Drs. Nana Hanadi,M.M.Pd. menyampaikan pesan bahwa pembuatan program sebaiknya dibagi-bagi menjadi program rutin, progres, temporer, antisipasi, dan program yang dikembangkan dengan konsep ROPKI (Revitalisasi, Optimalisasi, Pemberdayaan, Kolaborasi, dan  Inovasi).




Hadiana Soeriaatmadja, kabid Pembinaan dan Pengembangan SMP Kota Bandung yang juga hadir, memberikan motivasi untuk terus menulis kepada seluruh peserta rakor. Beliau mengatakan,”Menulis itu adalah kegiatan yang menyenangkan karena dapat mengomunikasikan perasaan kita, baik ketika senang maupun sedih.” Kebiasaan menulis telah beliau buktikan dengan beberapa buku yang telah berhasil ditulis. Buku terbaru yang baru saja terbit berjudul De Javu.

Agenda Rakor Geliats itu sendiri adalah mempersiapkan konsep program Geliats, struktur kepengurusan, AD/ART, waktu dan tempa Rakor selanjutnya, serta penentuan personal.

Untuk memudahkan membuat program-program, maka dalam rakor itu dibagi menjadi beberapa tim yang dipimpin oleh orang-orang yang berkompeten di bidangnya. Bidang AD/ART diketuai oleh Elia Suganda, M.Pd.; Bidang Pengembangan Organisasi oleh Nita Suherneti, M.Si.; Bidang Pengembangan Program oleh R. Yulia Yulianti, M.Pd.; Bidang Kearsipan dan Desain oleh DodiSunardi, S.Pd., M.M.Pd.; Bidang Penelitian Literasi oleh Yuyun Juariah, M.Pd.; Bidang Humas dan Informasi oleh Dra. Teti Mardiana, M.M. dan Neny Hernawaty,S.Pd. ,M.M.Pd.; dan Bidang Sosial dan Kemandirian oleh  Agus.

Setelah semua selesai menyusun konsep, maka setiap bidang mensosialisasikan program yang dibuat kepada forum Rakor. Konsep program akan dibahas dan dimatangkan kembali menjadi program yang utuh dan berkesinambungan pada Raker yang akan datang. Rencananya Raker selanjutnya akan dilaksanakan pada, Jumat, 8 Maret 2019 di SMPN 10  Bandung.

“Bagi pengawas literasi yang tidak dapat hadir pada Rakor tanggal 28 Februari, untuk raker selanjutnya bisa bergabung ke tim perumus yang mana saja,”ujar Dra Nita Suherneti, M.Si., selaku wakil ketua Geliats. (Rina Indrawaty, guru SD BPI)







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Geliats Kembali Menggeliat"

Post a Comment