Memperkenalkan Keunggulan Ekonomi Maritim dengan Virtual Reality



Oleh: Ani Kuraesin, S.Pd., M.Pd.*

 Pada pelajaran IPS  kelas VIII semester 2 terdapat materi tentang  keunggulan ekonomi  maritim. Pada materi ini diuraikan tentangkan keindahan bahari atau keiandahan dalam laut terutama terumbu karang beserta makhluk hidup yang tinggal di sekitar terumbu karang. Keindahan dalam laut ini bisa dinikmati dengan cara diving atau menyelam. Wilayah Indonesia yang sudah terkenal dengan keindahan dalam lautnya antara lain: taman laut Bunaken,Wakatobi ,Raja Ampat dan Labuan Bajo. Kini peserta didik dapat menikmati keindahan dalam laut tanpa harus menyelam.  Cukup dengan menggunakan virtual reality yang sederhana peserta didik seolah-olah dibawa ke dalam laut dengan keindahan yang nyata.
Menurut Wikipedia Virtual reality atau  realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan yang disimulasikan dengan komputer ,suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imajinasi. Dalam hal ini teknologi yang dibuat tidak dengan komputer tapi dengan alat yang sederhana dengan menggunakan bahan daur ulang. Diharapkan dengan menggunakan media ini proses belajar mengajar lebih bersemangat dan menyenangkan. Lebih jauh lagi diharapkan peserta didik lebih memahami akan pentingnya pelestarian lingkungan  dalam laut terutama terumbu karang.
Bahan bahan yang digunakan untuk pembuatan  virtual reality  antara lain: dus bekas, pelastik mika, botol mineral bekas, isolasi, lem, cuter dan gunting. Siapkan pula handphone yang sudah menyimpan video tentang keindahan laut. Untuk memudahkan dalam pembuatannya peserta didik dibagi ke dalam 5 kelompok, masing-masing harus mengerjakan tugas sesuai dengan petunjuk. Dalam pembelajaran ini diperlukan dua pertemuan. Pertemuan pertama digunakan untuk membuat virtual reality, pertemuan kedua digunakan untuk menjelaskan keunggulan bahari dengan menggunakan virtual reality.
Tahap pertama guru membagikan pola/desain virtual reality  yang diunduh  dari youtube. Kemudian pola tersebut ditempelkan di atas dus dengan menggunakan lem.

Tahap kedua pola yang direkatkan pada dus kemudian digunting bagian sisinya. Sedangkan bagian tengahnya dilubangi dengan menggunakan cuter.


Tahap ketiga membuat lensa cembung. Caranya dengan membuat lingkaran pada botol bekas tadi kemudian digunting. Sehingga membentuk lensa cembung. Bagian alasnya ditempeli dengan pelastik mika dengan menggunakan lem. Sisakan sedikit lubang . isilah lensa dengan air melalui sedotan pada bagian yang berlunag tadi. Kemudian rekatkan  dengan lem.

Tahap keempat lensa yang dibuat tadi tempelkan pada pola virtual reality  pada bagian yang berlubang. Fungsi lensa ini untuk melihat video melalui teropong.
Tahap kelima tekuklah dus mengikuti pola yang sudah disediakan  sehingga membentuk seperti  kamera.

Tahap keenam masukan handphone yang sedang memainkan video tentang keindahan dalm laut ke dalam virtual reality. Rekatlah dengan isolasi supaya HP tidak terjatuh, virtual reality  siap dimainkan.

Proses belajar mengajar dengan menggunakan media ini ternyata bisa meningkatkan semangat belajar . Pelajaran IPS yang awalnya dianggap  menjenuhkan karena penuh dengan hafalan sekarang lebih menyenangkan. Video yang dilihat dengan menggunakan virtual reality ternyata seolah-olah nyata sehingga bisa mengurangi verbalisme sekaligus menumbuhkan rasa cinta tanah air. Ini benar-benar pengalaman baru bagi peserta didik. Selamat mencoba!

* Ani Kuraesin, S.Pd.M.Pd. Guru IPS SMPN 3 Limbangan-Garut, anggota Komunitas Penulis L3

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memperkenalkan Keunggulan Ekonomi Maritim dengan Virtual Reality"

Post a Comment