Peserta OGN 2019 Asal Jabar Bakal Juara, Jumlahnya Bikin Melongo




GUNEMAN (SUKABUMI) –Sebanyak 217 orang guru-guru seluruh Jawa Barat mengikuti Pembimbingan Peserta Olimpiade Guru Nasional Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Tingkat Provinsi Jawa Barat di Hotel Shakti Bandung, Senin (11/03/2019).
Kepala Dinas Provinsi Jawa Barat, Dr. Ir. Dewi Sartika, M.Si., mengatakan bahwa guru-guru muda harus membuat Jabar juara.
"Tahun 2019 ini, dengan proses seleksi berbasis online seperti ini, peserta olimpiade yang muncul kebanyakan anak-anak muda yang lahir tahun 1970-an ke sini," ujarnya saat memberikan sambutan pada acara pembukaan kegiatan.
Olimpiade Guru Nasional 2019 ini sebagai ajang seberapa jauh guru-guru Jawa Barat harus bergerak. Sesuai dengan fokus peningkatan pelayanan yang dimaksimalkan Pemerintah Daerah Jawa Barat, kegiatan OGN seperti ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas guru yang secara tidak langsung meningkatkan pula pelayanan publik pada lembaga pendidikan di Jawa Barat.
“Sesuai dengan pesan Pak Ridwan Kamil, Jabar itu Harus Juara lahir dan batin. Semoga kelak dengan terbukanya keinginan guru-guru untuk meningkatkan kompetensinya dalam ajang OGN, maka semangat inovasi muncul dalam diri guru sendiri.” Jelasnya.
Sementara itu, dari sejumlah 80.000 guru-guru SMA/SMK dan SLB di Jawa Barat hanya 217 orang yang masuk seleksi Olimpiade Guru Nasional Dikmen dan Diksus 2019. Hal ini berarti jumlahnya tidak sampai 1%.
“Inilah salah satu contoh perubahan Era Industri 4.0 yang harus dihadapi guru-guru milenial sekarang. Keterampilan penggunaan gawai sebagai media teknologi Informasi sudah jadi keharusan. Jadi jangan pakai gawai buat sebar-sebar informasi tidak jelas alias hoax saja.” Tambahnya.
Emalia Sondari, salah seorang peserta OGN untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia asal Surade, Kabupaten Sukabumi bangga bisa ikut OGN walaupun usianya sudah tidak muda lagi. Menurutnya, OGN adalah ajang belajar, bukan lagi soal kompetisi.
"Saya saja yang sudah berusia masih semangat menimba ilmu. Setidaknya apa yang saya lakukan bisa menjadi inspirasi bagi guru-guru lain di daerah saya. Di sekolah saya saja ada tiga orang yang masuk seleksi OGN. Meskipun jauh dari Surade tetapi kami tetap semangat." Tuturnya.
Sebagai informasi, dari 217 orang yang ikut dalam OGN Dikmen dan Diksus 2019 terdapat 41 orang guru Bahasa Indonesia, 24 orang guru Bahasa Inggris, 6 orang guru Bahasa Jepang, 31 orang Guru Biologi, 20 orang guru Ekonomi, 31 orang guru Fisika, 43 orang guru Matematika, 10 orang guru Sosiologi, dan 11 orang guru Program Kebutuhan Khusus.
“Agar maksimal, semua peserta sengaja diberikan pembimbingan dan pembekalan dulu dari tanggal 11 Maret sampai 13 Maret. Finalnya pada tanggal 14 Maret 2019, semua peserta OGN akan melaksanakan tes online di SMKN 09 Bandung.” Pungkas Kepala Dinas Provinsi Jawa Barat, Dr. Ir. Dewi Sartika, M.Si.(Panji Pratama-Guneman)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peserta OGN 2019 Asal Jabar Bakal Juara, Jumlahnya Bikin Melongo"

Post a Comment