PESONA TALENTA PARA PELAJAR DAN WARGA WARNAI GEBYAR PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN SUKABUMI 2019



Guneman-Sukabumi. Membaca kata “gebyar” tentu yang terbayang adalah acara yang semarak dan meriah. Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan di Sukabumi dirangkai pada hari Jumat, 22 Maret 2019 di GOR Cisaat Sukabumi dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Kedatangan orang yang berperan dalam penentuan kebijakan di dunia pendidikan ini tidak disia-siakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi. Acara dikemas dengan konsep publikasi prestasi anak-anak Sukabumi.

Tarian Sekar Putri dari SD Gadis Cisaat menjadi penampilan awal yang disuguhkan untuk hadirin yang terdiri atas pelajar, guru, pengawas, kepala sekolah, serta para pejabat di lingkungan Pemda dan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi. Pencak silat dari SMPN 2 Nagrak tampil dengan memukau. Sajian berikutnya adalah tayangan keberhasilan Bupati  dalam memimpin Kabupaten Sukabumi.

Subhanallah, lagu ‘Ibu Kartini’ mengalun begitu indah dari tangan-tangan mungil yang begitu terampil,” gumam Ibu Yuniati Endah Lestari Guru Seni Budaya SMPN 1 Cisaat spontan terdengar ketika menyaksikan penampilan angklung para pelajar yang masih belia.

Penampilan anak-anak berkebutuhan khusus menyedot perhatian hadirin. Banyak yang tidak tahan membendung air mata haru dan bangga. Dalam keterbatasan, mereka bergerak dengan indah dan memesona. Puisi dengan menyentuh mereka ungkapkan dan diilustrasikan dengan pantomim. Tarian dengan indah mereka gerakkan. Lagu dengan merdu mereka nyanyikan. “…kami terus berjuang dengan karunia ini,  dengan bahagia, dan esok bahagia,” bagian dari syair lagu yang menguras air mata syukur bahwa kita dikaruniai fisik yang lebih sempurna.

Di hadapan Mendikbud dan hadirin, Bupati Sukabumi, Drs. H.Marwan Hamami, M.M. menyampaikan laporan bahwa tambahan bantuan dari Unesco dapat mengembangkan budaya daerah untuk dapat bersaing pada era globalisasi dengan terus mendorong generasi muda untuk selalu kreatif.

Penampilan kaulinan budak oleh SMAN Parakansalak menunjukkan budaya di Sukabumi tidak kalah memukau. Siswi SMA PU Albayan pun ikut mengisi acara dengan menampilkan tari saman sebagai bukti bahwa orang Sukabumi cinta semua budaya di Indonesia. Penampilan karinding dari seniman Sukabumi membuktikan bahwa orang Sukabumi tetap mempertahankan adat leluhur sebagai jati diri.

Mendikbud yang sudah disuguhi berbagai penampilan tidak berbicara secara formal menyampaikan kata sambutan. Beliau memanfaatkan kesempatan tersebut layaknya seorang bapak kepada anaknya. Beliau berdialog, memberikan berbagai pertanyaan, lalu mengapresiasi jawaban yang sesuai harapan dengan berbagai hadiah.


Berbagai sajian yang disuguhkan dalam acara Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan semoga mendidik semua bangsa menjadi kaum yang terdidik serta menguatkan kecintaan anak negeri terhadap budaya bangsa sendiri. Berbagai talenta yang penuh pesona menjadi motivasi untuk terus berkarya. Tindak lanjut hasil kegiatan semoga membuat Sukabumi menjadi lebih baik. (Guneman-Ratna Muda Ningrum)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PESONA TALENTA PARA PELAJAR DAN WARGA WARNAI GEBYAR PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN SUKABUMI 2019"

Post a Comment