RAISHA



oleh: Siti Rohayati


       "Bunda, ayo berangkat. Katanya mau antar aku latihan menari," rengek Raisha.
       "Ya, sabar dulu, dong. Bunda kan harus siapkan apa yang mau dibawa dulu. Nah sekarang waktunya berangkat." Aku lihat Raisha begitu sukacita.
       "Hm ..., Kamu sudah besar, Nak! Tak terasa waktu begitu cepat berlalu."
       Sebenarnya di usiaku yang tak muda lagi, aku mendapat amanah untuk merawat seorang  bayi perempuan. Bayi itu aku beri nama Raisha. Ibunya meninggal saat melahirkan. Sedangkan ayahnya meninggal karena sakit. Jadilah aku yang merawat bayi perempuan itu.
Mungkin sudah jalan hidupku atas takdir-Nya. Aku begitu tulus menyayanginya seperti aku menyayangi anakku sendiri.
       “Subhanallah. Mungkin karena ketulusanku, air susu aku keluar. Mana mungkin?" gumamku.
       Seolah mendapat petunjuk-Nya, aku pun memberanikan diri menyusui Raisha dengan seizin suamiku. Saat menyusui, aku merasakan hubungan batin yang sulit aku lukiskan. Kasih sayangku semakin menggebu. Sayang … di usia Raisha sepuluh bulan, air susuku tak keluar. Raisha kecil pun sepertinya memahami kondisiku. Ia tidak rewel. Raisha tumbuh sehat.        Kini usia Raisha sudah delapan tahun. Ia duduk di bangku SD Kelas 2. Menari adalah salah satu kegemarannya.
       Aku bersyukur, suami dan anak-anakku turut menyayanginya. Baik aku maupun suamiku tidak membedakan kasih dan sayang yang kami berikan. Meski Raisha bukan darah dagingku, tapi ia satu susuan dengan anak-anakku yang lainnya. Jadi karena itu hubungan batin kami sangat kuat. Kehadiran Raisha membawa warna tersendiri buat keluargaku. Kegembiraan, keceriaan, kebahagiaan, semuanya klop jadi satu.
       "Bunda akan terus menyayangimu, Nak. Semoga Kamu sehat terus. Kamu akan di kelilingi oleh orang-orang yang menyayangimu. Semoga kamu bahagia lahir batin, dunia dan akhirat," ucapku.
       Cium, peluk, dan sayang untuk Raisha, permata hati bunda. Selamanya. Semoga kamu saleha. Amin.

Penulis: Siti Rohayati, S.Pd.SD. Tambun, 15 Maret 2019
Penyunting: : Saiful Amri, M.Pd.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RAISHA"

Post a Comment