SEKOLAH INI SURUH SISWANYA BAWA HP SAAT USBN




GUNEMAN (SUKABUMI) –Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun 2019 untuk SMA/MA serentak diselenggarakan mulai Senin (19/3) kemarin. Seluruh siswa-siswi SMA/MA di Jawa Barat pun serius mengikuti rangkaian tes akhir sekolah yang kebanyakan masih berbasis kertas dan pensil.
Namun, berbeda dengan 137 orang siswa dan siswi asal SMA Negeri 1 Nyalindung Kabupaten Sukabumi. Pada USBN tahun 2019 ini mereka justru dianjurkan membawa ponsel ke sekolah. Anjuran ini berkenaan dengan penyelenggaraan USBN berbasis Android yang pertama kali dilaksanakan di SMA tersebut.
“Tahun ini, sekolah kami mencoba alternatif inovasi baru di bidang evaluasi pembelajaran. Ujian Sekolah Berstandar Nasional tahun 2019 ini, kami mempergunakan basis android sebagai alat ujian.” Jelas Ade Ruslan, Kepala SMA Negeri 1 Nyalindung kepada Guneman, pada Selasa (19/3).
Inovasi tersebut bukan barang baru bagi SMA Negeri 1 Nyalindung. Ulangan berbasis android sudah setahun ini diterapkan menyeluruh dan berkesinambungan pada seluruh siswa. Dengan demikian, penggunaan aplikasi Bee Smart sebagai basis ujian online berbasis android sudah bukan menjadi hal yang baru bagi sekolah tersebut.
“Puncaknya, USBN 2019 ini. Kami berharap, sekolah kami menjadi perintis ujian sekolah berbasis android sesuai dengan cita-cita Era Industri 4.0 pada dunia pendidikan.” tambahnya.
Pujian dan apresiasi pun datang  dari berbagai kalangan dengan inovasi USBN tersebut. Salah satunya datang dari sesama kepala sekolah SMA di Kabupaten Sukabumi.
“Sekolahnya di daerah, tetapi pemikiran dan progres inovasi pendidikannya mantap. Kepala sekolah yang visioner. Di kala sekolah lain baru sampai ujian berbasis komputer, sekolah ini mampu selangkah lebih maju.” Ujar Nurhayati Teungku Basyah, Kepala SMA Negeri 1 Simpenan.
Tidak hanya dari sesama kepala sekolah, rasa bangga dan pujian pun datang dari alumni dan siswa SMA Negeri 1 Nyalindung sendiri. Mereka berharap inovasi tersebut dipertahankan bahkan ditingkatkan di masa depan. (Panji Pratama)




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SEKOLAH INI SURUH SISWANYA BAWA HP SAAT USBN"

Post a Comment