Active Learning Berbasis MIKiR


Oleh: Erwin Prastyo


Salah satu urgensi pembelajaran di bangku sekolah (SD, SMP, dan SMA/K) yakni bagaimana seorang guru dan siswa dapat mengembangkan potensi yang dimiliki siswa guna mewujudkan proses pembelajaran yang baik dan hasil pembelajara yang baik. Kemampuan berpikir kritis, bernalar, dan bertindak kreatif merupakan potensi yang sangat penting sebagai bekal abadi dalam kehidupan siswa kelak setelah tak lagi di bangku sekolah. Nantinya kemampuan ini dibutuhkan ketika siswa terjun di kehidupan sosial masyarakat.
Salah satu format untuk mewujudkannya yakni lewat active learning berbasis MIKiR. MIKiR merupakan akronim dari unsur-unsur yang terdapat dalam konsep pembelajaran aktif (active learning). Pada implementasinya di dalam proses pembelajaran MIKiR ini tidak bersifat urutan. Artinya setiap unsur dapat diulang beberapa kali dalam satu rangkaian pembelajaran.
Mengalami (M) merupakan kegiatan secara aktif (doing) atau mengamati (observing) yang dilakukan siswa saat pembelajaran. Interaksi (I) sebagai proses pertukaran gagasan  antar dua siswa atau lebih yang dapat diwujudkan lewat kegiatan misalnya diskusi. Komunikasi (Ki) merupakan proses penyampaian gagasan pada orang lain yang dapat dilakukan lewat kegiatan semisal presentasi atau pemaparan. Refleksi (R) yaitu kegiatan melihat kembali pengalaman belajar dan lesson learned agar proses belajar lebih baik.
Pembelajaran MIKiR ini juga sangat mendukung implementasi Kurikulum 2013 di sekolah-sekolah pelaksana Kurikulum 2013. Pembelajaran MIKiR juga sangat mendukung implementasi 5 M dan 4C sebagai keterampilan abad 21 yang harus dikuasai siswa, sebagai konsekuensi dunia pendidikan Indonesia memasuki era Revolusi Industri 4.0. Muatan 5 M yang dimaksud yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Serta muatan 4C yaitu creativity, critical thingking, collaboration, dan communication.



Erwin Prastyo merupakan alumni Pendidikan Fisika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, sejak tahun 2014 menjadi guru IPA di MTs Darul Ishlah Sukorejo. Kini menjadi Fasilitator Pembelajaran Program PINTAR Tanoto Foundation Regional Jawa Tengah. Tinggal di Kendal, Jawa Tengah.


AYO MILIKI MAJALAH PENDIDIKAN GUNEMAN 

NO. 2 VOLUME V 2019




BAGI YANG MAU MENERBITKAN BUKU,  PENERBIT GUNEMAN SIAP MEMBANTU!







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Active Learning Berbasis MIKiR"

Post a Comment