Asyik dan Uniknya Wisuda ITB

oleh : Nurlaela S.M.


Hari Jumat dan Sabtu, tgl 5 dan 7 April 2019 yang baru lalu, ITB telah menggelar Wisuda Kedua Tahun Akademik 2018/2019,  bertempat di Sasana Budaya Ganeca.

Wisuda diikuti oleh 503 orang wisudawan Program Sarjana, 884 orang Program Magister, dan 61 orang Program Doktor, dengan total keseluruhan 1.448 wisudawan. Selain wisudawan tanah air, ada juga dari beberapa negara luar, seperti Ceko, India, Malaysia, Libya, Korsel, Tanzania dan Yemen.

Dalam sambutannya, Rektor ITB, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA, mengungkapkan, ada yang istimewa dalam wisuda kali ini, yaitu pelaksanaan Penganugrahan Gelar Doktor Kehormatan bagi Dra. Nurhayati Subakat, Apt. Beliau adalah wanita yang pertama mendapat gelar Doktor Kehormatan dari ITB. 

Selanjutnya, untuk menghormati beliau, Pak Rektor menjelaskan beberapa hal mengenai beliau dan perjuangannya hingga berhak dianugrahi gelar itu. Ibu Dra Nurhayati Subakat, Apt. ini,  termasuk dalam daftar 25 pebisnis perempuan paling berpengaruh versi Fobes Asia 2018, pemenang perempuan Bintang Award 2018, dan pernah terpilih sebagai salah satu CEO terbaik di Indonesia.

Dra Nurhayati Subakat, Apt. adalah pemilik perusahaan PT Paragon Technology and Innovation (PTI) yang melahirkan produk kosmetik halal yang pertama melalui brand Wardah. Saat ini sudah ada 500 produk PTI yang tersertifikasi halal oleh MUI.

Rektor juga membacakan beberapa prestasi yang diraih selama rentang Oktober 2018s.d. Maret 2019. Dalam pidato tertulisnya, prestasi-prestasi itu tertulis dalam 36 halaman.

Menjelang akhir sambutannya, Pak Rektor berpesan kepada para wisudawan untuk tetap menjalin silaturahmi dengan ITB. Kemudian dikunci dengan kalimat, "Jadilah pelopor, jadilah teladan, maka kebaikan Saudara akan menjadi kebaikan ITB juga."

Tak seperti wisuda umumnya yang terkesan 'jenuh dan membosankan', wisuda ITB justru penuh dengan kejutan menyegarkan. Acara demi acara disusun apik,  diselingi musik angklung dengan lagu-lagu klasik dan dirigen asyik, serta paduan suara dengan lagu-lagu dalam irama seriosa tapi nyaman didengar.

Beberapa questioner yang diisi wisudawan, dengan penuturan yang  jujur banget, dibacakan dengan kocak oleh salah seorang Guru Besar. Sontak membuat ruangan riuh dengan suara tawa dan tepuk tangan spontan dari hadirin. Questioner itu mungkin sengaja dipilih yang paling jujur dan unik dari dua wisudawan yang lulus tepat waktu dan mendapat predikat cum laude, dan dua wisudawan yang lulus pada waktu yang tepat, hingga mendapat julukan Phd (Pas Hari di-DO).

Dan yang benar-benar asyik, unik dan mengejutkan sekali adalah ketika para profesor dan doktor berkolaborasi dalam sebuah grup band bertajuk "Vivat Academika". Jangankan kami, orang tua, para wisudawan pun terkejut sekali melihat para guru besar itu tampil profesional menyanyikan beberapa buah lagu. Satu lagu diantaranya, yang sengaja dibuat untuk peringatan 100 tahun ITB, tahun depan.

Ada yang memainkan flute, gitar, drum, biola dan juga harmonika. Sementara bagian vokal pun, para profesor itu kompak sekali menampilkan lagu-lagu yang dipadu dengan animasi yang keren abiz deh. Salut buat para Guru Besar ITB, yang serta merta menghapus kesan "serem" Civitas Akademika ITB.

Sayangnya, di dalam gedung dilarang memoto atau merekam acara. Dan kalaupun memaksa memoto, hasilnya memang tidak bagus, karena pencahayaan dari arah undangan, tidak mendukung untuk itu.

Selesai acara wisuda, para wisudawan melakukan foto bersama tiap jurusan. Dilanjut dengan arak-arakan mulai dari Sabuga sampai kampus ITB melalui tunnel. Di tempat-tempat tertentu, mereka melakukan atraksi, yel-yel khas jurusan, Salam Ganeca dan orasi sesuai dengan tradisi tiap jurusan. Acara berakhir hingga kurang lebih pukul 20.00.*


REDAKSI MAJALAH PENDIDIKAN GUNEMAN  MENGUCAPKAN SELAMAT DAN IKUT BANGGA KEPADA 

SANNY HAFIDOH SITI NURUROHMAH, S.Si.

PUTRI PERTAMA IBU NURLAELA S.M. S.Pd. (UMMI MUJAHIDAH) 

YANG TELAH DI WISUDA DARI JURUSAN KIMIA ITB, APRIL 2019.

 

SEGERA MILIKI MAJALAH GUNEMAN

Nomor 2 Volume V Tahun 2019


BAGI YANG MAU MENERBITKAN BUKU,  PENERBIT GUNEMAN SIAP MEMBANTU!




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asyik dan Uniknya Wisuda ITB"

Post a Comment