DRA. SITTI AISYAH, M.Pd.: “UMMI”-NYA GURU IPS KARAWANG



Di kalangan guru-guru IPS Kabupaten Karawang, nama Dra. Sitti Aisyah, M.Pd. begitu dikenal. Teman-temannya sesama guru IPS biasa memanggilnya “Ummi”. Terkait panggilan ini kepada Guneman online ummi atau ibu dari Muhammad Daffa Abror Robbani dan Rifdah Yumna Taqiyyah bercerita bahwa ada kisah tersendiri 

“Awalnya saya di panggil ummi oleh anak-anak saya, saat anak-anak saya dibawa ke sekolah, karena tak ada pengasuh. Mereka memanggil saya ummi di depan teman-teman sekolah, akhirnya mereka pun ikut-ikutan memanggil saya ummi, agar lebih akrab katanya. Sedangkan untuk teman-teman lain di luar sekolah, dimulai ketika saya sering ikut kegiatan, kebetulan ada rekan lain yang mengenal saya juga memanggil ummi, akhirnya yang lain ikut juga memanggil begitu,” Papar ibu kelahiran Tanjung Pura ini.

Tidak salah kalau guru-guru IPS memanggil “Ummi”. Guru IPS di SMPN 2 Telukjambe Barat ini memang menjadi sosok ibu dan pemersatu bagi semua guru IPS Karawang. “Sering ada pergantian pengurus MGMP IPS, tapi mereka menganggap saya pemersatu antara guru IPS dan orang Dinas Kabupaten serta dari MGMP lain, kebetulan saya di percaya menjadi pengurus Forum dan koordinator MGMP semua mapel.” Terangnya.

Bagi Sitti Aisyah panggilan ummi ini sejujurnya membuatnya merasa tersanjung dan punya konsekuensi tersendiri. Ia merasa bertanggung jawab untuk menjadi pioner, pemersatu, dan yang utama sebagai motivator untuk kemajuan guru-guru IPS serta semua guru karawang. Ia merasa bahwa dirinya sekarang bukan hanya milik anak-anak saya, sekolah, dan guru IPS saja, tetapi milik guru-guru pada umumnya.

Bicara track record seorang Siti Aisyah di kegiatan MGMP IPS Kabupaten Karawang, sudah tidak usah diragukan lagi. Instruktur Kurikulum 2013 Kabupaten Karawang ini menjadi pengurus MGMP sudah cukup lama, tiga priode untuk pengurus komisariat dan dua periode untuk pengurus Forum MGMP Kabupaten. Bahkan pada 2018 ia terpilih sebagai Sekretaris Forum MGMP Kabupaten Karawang.

Bicara target yang ingin dicapai Wakasek Kurikulum yang memiliki motto hidup selagi kita hidup teruslah berkarya, belajar dan bermanfaat untuk diri sendiri dan masyarakat ini dirinya sedang menggeluti IT. Ia sangat berminat menjadikan IT sebagai pemersatu, sarana pengembangan diri, serta menjadikan IT sebagai media memudahkan siswa dalam belajar, memudahkan guru dalam mengajar, dan memudah kan pengurus dalam berbagai aktivitas. Untuk itu lulusan UNINDRA PGRI Jakarta ini setiap hari belajar IT lewat internet, youtube, dan VCT. Terlebih dalam kapasitasnya saat ini sebagai  Virtual Coordinator di SEAMOLEC.

Menutup pembicaraan, terkait keberadaan organisasi lain di IPS, selain MGMP seperti adanya FKGIPS Nasional yang mulai berkembang di seluruh Indonesia, bahkan sudah menjadi APKS PGRI, Ketua Pengurus Daerah FKGIPS Karawang dan juara II Guru Berpresasi Kabupaten Karawang ini pada dasarnya mendukung penuh. “Selama FKGIPS menjadi berkembang, membuka wawasan, dan tidak terkotak-kotak, tidak mengkrucut menjadi politik, saya senang, karena FKGIPS diakui keberadaannya, di mudahkan ruang geraknya.” Ucapnya menutup pembicaraan. (Enang Cuhendi – Guneman).


SUDAH TERBIT MAJALAH PENDIDIKAN GUNEMAN 

NO. 2 VOLUME V 2019



BAGI YANG MAU MENERBITKAN BUKU,  PENERBIT GUNEMAN SIAP MEMBANTU!





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DRA. SITTI AISYAH, M.Pd.: “UMMI”-NYA GURU IPS KARAWANG"

Post a Comment