GELARAN JAMBORE BUDAYA BACA DAN FESTIVAL DUTA BACA KE VI DISPUSIP KOTA BANDUNG


oleh Eva Riyanti, M.Pd


Dalam rangka memperingati hari buku anak sekaligus Hari Kartini tahun 2019, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung bekerja sama dengan komponen literasi  Kota Bandung menggelar acara yang berlangsung dua hari berturut-turut,yaitu hari Jumat dan Sabtu tanggal 26-27 April 2019 . Acara di gelar di kantor Dispusip Kota Bandung.

Kegiatan ini dimulai pukul 08.00. Pada kesempatan ini, Drs. Priana Wirasaputra M.M sebagai asisten pemerintahan dan kesra Setda Kota Bandung mewakili Bapak Walikota Bandung hadir sekaligus membuka dengan resmi kegiatan Jambore Budaya baca dan Festival Duta Baca ke VI sebagai pertanda dimulainya kegiatan literasi di Kota Bandung yang cukup meriah ini, hadir pula Bapak Hikmat Ginanjar selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, tamu-tamu undanganjuga para guru pendamping, serta orang tua peserta lomba tingkat SD dan SMP Kota Bandung.

          Dalam kesempatannya, Ibu Neti Supriati SH, Msi sebagai Kabid  Pengembangan Perpustakaan dan Kearsipan sekaligus ketua penyelenggara, menyampaikan laporan kegiatan dan menyampaikan  tentang  pentingnya menggiatkan literasi di kalangan  peserta didik, baik pada tingkat dini, tingkat dasar maupun menengah. Dalam laporannya beliau menyebutkan bahwa  Kegiatan Jambore Budaya baca dan Festival Duta Baca ke VI ini dilombakan dalam beberapa kategori perlombaan antara lain:
1.      Lomba mewarnai dan menggabar untuk tingkat PAUD/TK
2.      Lomba Tahfid Quran
3.       Lomba Duta Baca Kegiatan lomba Duta Baca diikuti oleh 130 peserta tingkat SD dan SMP .

Pada lomba Duta Baca peserta harus mengikuti setiap rangkaian mata lomba yang telah ditetapkanyaitu: review buku lomba, Presentasi My Life Plan, Lomba Santun di Medsos, Lomba Karakter, Lomba Kepemimpinan, dan Lomba Spiritual. Lomba mewarnai dan menggambar diikuti oleh 150 peserta terdiri dari lomba menggambar 74 orang dan mewarnai 76 orang.

Kegiatan Jambore Budaya baca dan Festival Duta Baca ke VI ini, melibatkan nara sumber kegiatan yaitu kementrian agama, Pesantren Al Kasyaf, Rumah Al Qur’an Al Barqi, Komunitas Pegiat Literasi, Tokoh literasi serta pemerhati literasi baik dari Kota Bandung, Bogor maupun Tasikmalaya, serta Betreet yaitu komunitas penulis dan penerbit Kota Bandung.

Pada kegitan ini juga ditampilkan hasil buku sahabat pena Dispusip yang salah seorang pesertanya berusia balita bernama Calista. Tidak ketinggalan ditampilkan beberapa kreasi tarian daerah juga modern.

Ada kegiatan yang tak kalah menarik dari kegiatan Jambore Budaya baca dan Festival Duta Baca ke VI ini, yaitu launching buku “Salah Ayam” hasil kolaborasi  Dinas Pendidikan Kota Bandung dengan penulis Sugesti Sehat Hati yaitu ibu Juliani, salah seorang penulis buku motivasi.
                   
Kegiatan Jambore Budaya baca dan Festival Duta Baca ke VI ini melibatkan beberapa dewan juri antara lain, Bunda Neti, Mulyani, Tolib Hidayat, Anita Bitread, KH Rachman  Rianto Muradi dll. Pada Hari pertama kegiatan ditutup degan tampilan Saras Putri Utami, penyuluh BNN Kota Bandung yang menyampaikan penyuluhan tentang narkoba. Tema yang diangkat “Aku Anak Sehat Bebas Narkoba”.

Kegiatan Kegiatan Jambore Budaya baca dan Festival Duta Baca ke VI dilanjutkan di hari ke dua yaitu Sabtu, 27 April 2019 dengan melanjutkan kegiatan lomba Duta Baca yang menentukan 10 Finalis dari SD dan SMP dan di lanjutkan dengan praktek antisipasi bahaya gempa yang diikuti oleh para peserta duta baca. Pada sesi terakhir para finalis dibeberapa pertanyaan oleh dewan juri seputar kegiatan literasi sampai ditentukan 5 juara baik tingkat SD maupun SMP.

Adapun perolehan juara secara keseluruhan  Kegiatan Jambore Budaya baca dan Festival Duta Baca ke VI adalah sebagai berikut:
Perlombaan mewarnai dan menggambar juara 1 Aliva Faiza Asafia dari SD Muhammadiyah 7, juara 2 Syaira Nur Aisha dari SDN Neglasari, juara  3  Dara Fadhilah dari SDN Prakarsa juara 4 Andhira Ammar R dari SD BPI, juara  5 Azra Annizar dari  SDN Mohamad Toha. Untuk perlombaan Tahfiz Tingkat SD (Putra)  juara 1 Abdul Karim dari SDN 189 Neglasari, juara 2 Fulki Athar T dari SD Muhammadiyah, juara 3 Musyaffa Izzati dari SDN 189 Neglasari, juara 4 Rifky Sholiban dari SDN 258 Sukarela, juara 5 Rasyad Fawwazilah dari SDT Krida Nusantara.Untuk perlombaan Tahfiz tingkat SD (Putri), juara 1 Callysta Khansa dari SDN 189, Neglasari juara 2 Darien Adzkiya dari SD Muhammadiyah 7, juara 3 Rayya dari SDN 023 Pajagalan, juara 4 Shasha Fazia Zalfa dari SDT Krida Nusantara, juara 5 Safitri dari SDN 197 Karang Taruna. Untuk perlombaan Tahfiz Tingkat SMP (Putra) , M.Zidan dari SMP 26, Juara 2 Virga  dari MTs Nurul Huda, juara 3 Sehabudin dari SMP 26, juara 4 Rajib dari MTs Nurul Huda, Untuk perlombaan Tahfiz Tingkat SMP (Putri), juara 1 Az Zahra dari SMP Al-Kasyaf, juara 2 Astri dari SMP Swadaya I, juara 3 Deil dari SMP 26, juara 4 Delinda dari SMP 26, juara 5 Viori dari SMP Swadaya I.

     Untuk perlombaan Duta Baca aspek-aspek yang dinilai sebagai berikut:  Bahasa Santun di Medsos, Public Speaking, Review Buku, Religi, Karakter dan Kepempimpinan. Adapun juara Duta baca Tingakat SD  adalah: juara 1 Syazwani Satira Kinan dari SDn 189 Neglasari, juara 2 Haya Zhafirah dari SD Dian Kencana, juara 3 Lhatisya Nanda Azalea dari SD Dian Kencana, juara 4 Revina Sofi Pradipa dari SDN 038 Kiaracondong, juara 5 Aureliamanda Rameyza dari SD Ar Rafi.  Juara Duta baca Tingakat SMP, juara 1 Maria Dewi Rasrendra dari SMP 5, juara 2 Renanda Khoerunisa dari SMP 46, juara 3 Nabila Rasya dari SMP 5, juara 4 Fanie Trisnae dari SMP Plus AlGhifari, juara 5 Selima Azzahra dari SMP Swadaya I.

         Tanggung jawab isi tulisan dan penyuntingan ada pada penulis.


MILIKI SEGERA! MAJALAH PENDIDIKAN GUNEMAN EDISI No.2 Volume V 2019




   


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "GELARAN JAMBORE BUDAYA BACA DAN FESTIVAL DUTA BACA KE VI DISPUSIP KOTA BANDUNG"

Post a Comment