Hj. CICIN KURAESIN, S.Pd., M.Pd.

MEWUJUDKAN SEKOLAH MENGAJI DAN BERSIH DI SMPN 4 LIMBANGAN


Hj. Cicin Kuraesin, S.Pd., M.M.Pd.
Banyaknya peserta didik yang belum lancar mengaji dan keiinginan mewujudkan sekolah yang bersih menjadi pendorong Hj. Cicin Kuraesin, S.Pd., M.Pd. untuk mengembangkan program Sekolah Mengaji dan Sekolah Bersih di sekolahnya. Menurut Kepala SMPN 4 Limbangan sejak 2016 ini, kedua hal tersebut dinilai sangat penting sebagai perwujudan dari pengembangan pendidikan karakter.
Menurut kepala sekolah yang pernah meraih predikat Guru Berprestasi Kabupaten Garut ini untuk mewujudkan program Sekolah Mengaji dirinya tidak jarang turun langsung membimbing mengaji bersama guru yang ada di sekolahnya. Hal yang menarik bagi peserta didik di sekolah ini yang kesiangan diterapkan hukuman wajib mengaji. Di sini pun diberlakukan sistem kartu sebagai alat kontrol tadarus.

Dalam hal mewujudkan Sekolah Bersih, mantan Fasilitator USAID dan Aktivis MGMP Matematika Kabupaten Garut  ini membuat beberapa program yang terarah. Secara pribadi ia dan guru-guru yang peduli lingkungan memberi contoh untuk memungut setiap ada sampah di sekeliling sekolah. Kemudan mengintruksikan kepada guru agar jangan memulai mengajar sebelum sekitar kelasnya bersih dan selalu mengajak siswa untuk membuang sampah pada tempatnya. Untuk mewujudkan keakraban rutin sebulan sekali di minggu terakhir diadakan kegiatan bersih-bersih lingungan sekolah dilanjutkan dengan acara botram atau makan bersama seluruh civitas akademica SMPN 4 Limbangan. Sekolah pun tidak lupa selalu memberi penghargaan di akhir tahun kepada 10 siswa yang paling peduli lingkungan.

“Dengan langkah-langkah seperti itu program Sekolah Mengaji dan Sekolah Bersih semoga akan terwujud secara maksimal.” Harap mantan peserta Training Management for Teacher di Adelaide City, South Australia 2013 ini antusias.

Ketika Guneman berkunjung ke SMPN 4 Limbangan apa yang diharapkan Instruktur Kurikulum 2013 ini mulai terlihat. Kebersihan dan penataan lingkungan terlihat rapi. Bahkan untuk mensiasati ketiadaan masjid yang permanen, maka dibuat mushola berbahan dasar bambu yang sedehana tapi menarik.

UNBK 2019 di SMPN 4 Limbangan
Tidak heran kalau sekolah yang dulunya bernama SMPN Satu Atap 1 Limbangan ini terpilih menjadi SMPN satu atap terbaik Kabupaten Garut. Bahkan statusnya kemudian berubah menjadi sekolah reguler dengan nama SMPN 4 Limbangan. Di saat diberlakukannya UNBK, SMPN 4 Limbangan juga sudah mampu menerapkan UNBK sebagaimana diharapkan pemerintah secara mandiri.

Untuk ukuran sekolah satu atap perkembangan jumlah peserta didik di sekolah yang berlokasi di Desa Simpen Kaler Kecamatan Balubur Limbangan ini juga terhitung cepat. Saat  dirintis pada sekitar 2006 hasil kerjasama SDN Simpen 6 Limbangan dan SMPN 3 Limbangan jumlah peserta didik baru satu kelas dengan jumlah siswa tidak lebih darii 40 orang. Bangunan pun masih bersatu dengan SDN Simpen 6 dan administrasi dikelola SMPN 3 Limbangan sebagai induk. Sekarang sekolah ini sudah memiliki bangunan sendiri dengan jumlah siswa 356 orang dengan 12 rombongan belajar. Terbagi atas Kelas VII sebanyak 5 rombel, kelas   VIII 4 rombel dan kelas IX sebanyak 3 rombel.

Minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke SMPN 4 Limbangan masih tinggi, hanya pengembangan sekolah terkendala sempitnya lahan. Sebelum sekolah ini berdiri, lulusan SD yang ingin bersekolah ke SMP negeri harus ke SMPN 3 Limbangan sebagai sekolah terdekat. Mereka harus berjalan kaki berkilo-kilo meter dari rumah ke SMPN 3 Limbangan di Desa Cijolang.
Prestasi terakhir yang diraih sekolah mungil berprestasi di batas Kabupaten Bandung dengan Garut in adalah sebagai juara harapan kegiatan FLS2N cabang musik tradisional  Kabupaten Garut 2019 dan juara ke-4 bola Voli se Jawa Barat.

Menutup obrolan Cicin Kuraesin berharap semua warga sekolah mau mendukung program yang dirintisnya secara total. Ini sesuai dengan motto hidupnya bahwa totalitas adalah kunci untuk meraih sukses. (EnangCuhendi-Guneman)


AYO MILIKI MAJALAH PENDIDIKAN GUNEMAN 



NO. 2 VOLUME V 2019



BAGI YANG MAU MENERBITKAN BUKU,  PENERBIT GUNEMAN SIAP MEMBANTU!










Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hj. CICIN KURAESIN, S.Pd., M.Pd. "

Post a Comment