KERJA KERAS ORANG TUA YANG TAK BERBUAH HASIL



Gambaran TKW yang bekerja sebagai asisten rumah tangga


oleh Ida Laela


Di lingkungan sekolah tempat penulis mengajar, kebanyakan orang tua siswa bermata pencaharian sebagai TKW ( tenaga kerja wanita) di luar negeri. Mereka bekerja dengan harapan anak-anaknya bisa mengenyam pendidikan sampai ke perguruan tinggi. Biar tidak seperti kedua orang tua, katanya. Akan tetapi hal ironis terjadi. Berdasarkan kisah nyata kehidupan anak-anak SMP di sekitar tempat tinggal penulis, hasil yang mereka dapatkan bukan keberhasilan anak-anaknya tapi kerusakan moral. Kebanyakan di antara mereka ada yang menjadi pengamen, terlibat tawuran, terpaksa menikah di usia dini dan anak-anaknya malah putus sekolah.

Jujur, penulis kurang paham letak kesalahannya itu ada di mana?  Apakah pada lingkungan tempat tinggal si anak, lingkungan keluarga , atau lingkungan  sekolah. Khusus di sekolah, guru-guru sudah berusaha keras dengan sabar dan telaten untuk mendidik para siswanya. Bahkan beberapa guru  seringkali kalau  pagi harus menjemput anak didiknya ke rumah masing-masing. Mereka berperan membangunkan ketika mereka masih tidur, menunggui dia mandi, dan mengantar sampai anak tersebut masuk kelas. Hasilnya, ada bebrapa siswa yang berhasil lulus karena usaha tersebut, walau ada juga yang malah jadi putus sekolah.

Peranan lingkungan dalam pembentukan karakter anak atau siswa sangat besar. Jika lingkungan tempat anak tersebut tinggal tidak baik, maka akan terbentuklah karakter yang tidak baik pula. Apalagi ditunjang dengan ketidakhadiran peran orang tua dalam masa pertumbuhan si anak.

Oleh karena itu, bagi orang tua yang bekerja dan akan meninggalkan keluarga, sebaiknya berpikir dulu seribu kali. Dampak yang akan timbul mesti dipertimbangkan. Karena “Anak adalah Harta Yang Paling Berharga”. Untuk itu kita harus benar-benar menjaga dan merawat mereka.

Ida Laela, guru IPS SMPN 2 Kapetakan Cirebon Jawa Barat, peserta pelatihan online Guru IPS Menulis angkatan 2 Kelas C FKGIPS PGRI


SEGERA MILIKI MAJALAH GUNEMAN

Nomor 2 Volume V Tahun 2019


BAGI YANG MAU MENERBITKAN BUKU,  PENERBIT GUNEMAN SIAP MEMBANTU!




.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KERJA KERAS ORANG TUA YANG TAK BERBUAH HASIL"

Post a Comment