Mas Kusyoto, Penulis Indramayu Spesialis Genre Roman Sejarah




Mas Kusyoto, kelahiran Indramayu empat puluh tiga tahun yang lalu, merasa minatnya yang kuat  pada kegiatannya menulis, diinspirasi oleh ayahnya, seorang penulis naskah,sekaligus sutradara kesenian sandiwara yang pada era 90’an sempat buming di Indramayu. Sejak dia kecil, dia selalu melihat ayahnya menulis naskah hampir tiap malam, dan ketika dia terbangun ayahnya masih melakukan hal yang sama. Selain itu, menjelang tidur, ayahnya acap kali mendongeng tentang kerajaan masa silam seperti tema atau lakon yang seringkali dipentaskan oleh grup sandiwara yang dipimpinnya. Dari situlah jiwa jurnal dalam menulis bergenre kisah fiksi legenda berlatar sejarah kerajaan masa silam, muncul membuncah dalam sanubarinya. Kusyoto, mulai belajar menulis saat guru SD nya di kelas enam memberinya tugas mengarang setiap hari Sabtu, di kelasnya. Tiap hari Sabtu itu, dia dan teman-temannya wajib ke perpustakaan sekolah, memilih buku untuk dibaca dan dirangkum. Setelah itu rangkuman tersebut dipresentasikan di hadapan kawan sekelasnya, dan hal itu dilakukan secara bergilir.

Kusyoto sangat merasakan manfaat kegiatannya menulis, menurutnya kegiatannya itu  menjadikan otak kanan dan kirinya bisa bekerja seimbang. Selain sebagai penulis, Kusyoto juga merupakan seorang Para Medis atau Mantri kesehatan yang bekerja di salah satu Rumah Sakit swasta di bilangan Indramayu. Dia juga merupakan anggota pengurus Dewan Kesenian Indramayu, Komite Sastra. Bergiat juga di LBSD (Lembaga Basa dan Sastra Dermayu), di LKI (Lembaga Kebudayaan Indramayu), dan di FORMASI (Forum  Masyarakat Sastra Indramayu). Karya-Karyanya  kebanyakan  bergenre roman  fiksi  legenda berlatar sejarah masa silam, ialah sebagai berikut :
 1. Laskar Kesanghyangan, novel Penerbit Diptalini Divapress 2013
2. Gejolak Tanah Jawara, novel Penerbit Heryamedia 2014
3. Ilmu Ku Dapat, Cinta pun Merapat, novel Penerbit Heryamedia 2015
4. Di Bawah Bayangan Hitam Baitullah Memanggilku, novel Penerbit Heryamedia 2015
5. Wanita kedua, antologi cerpen Penerbit Soega 2014
6. Love on your blue, antologi cerpen Penerbit Sembilan Mutiara publishing 2015
7. Mozaik Putih Abu-Abu, antologi cerpen Penerbit Sembilan Mutiara publishing 2015
8. Rembulan Biru di Bumi Pasundan, novel Penerbit Alra Media 2016
9. Hikayat Arung Palakka, novel Penerbit Alra Media 2016
10. Senapati Panji Nandaka, novel Penerbit Guepedia 2017
11. Pedang Sangga buana, novel Penerbit Guepedia 2017
12. Lelaki yang tubuhnya habis dimakan ikan-ikan kecil, antologi cerpen Penerbit Rumah Pustaka 2017
13. Rajagaluh Membara, novel Penerbit Guepedia 2018
14.  Alfatehah untuk Alif, antologi cerpen Penerbit Perahu Litera 2018
15.Langit Seduwure Langit, kumpulan puisi basa dermayu Penerbit Rumah Pustaka 2018
16. Lelaki itu tetap diam, puisi di Koran Radar  Cirebon 2019
17. Ritual Baridin, cerpen di Koran Radar Mojokerto 2019
18. Geger Tarumanagara, novel Penerbit FAM Publishing 2019
19. Hikayat Ronggeng Kali Sewo, cerpen di Koran Jabar Ekpress 2019
20. Trampolin di Sudut Pasar, puisi di koran Radar Cirebon, 2019.

Proses produktif  khusus dalam menulis novel bergenre roman  fiksi  legenda berlatar sejarah masa silam, memerlukan waktu sekitar kurang lebih tiga sampai empat bulan. Satu bulan survey dan penelitian, biasanya dilakukan di sekitar situs sejarah, tanya jawab dengan pelaku dan pakar sejarah seperti ke musium, ke juru kunci  dan para abdi dalem kesultanan keraton. Kemudian dua sampai tiga bulan menyelesaikan tulisan. Dia selalu punya target menyelesaikan tulisannya tidak melampai sampai lima bulan.Novelnya yang berjudul “Geger Tarumanegara”, termasuk dari lima novel yang terpilih dari dua puluh tiga naskah yang masuk  seleksi untuk terbit gratis di FAM Publishing .

Harapannya sebagai penulis seperti juga harapan para pegiat literasi lainnya di Indramayu kepada Pemerintah daerah, cobalah lihat kami, perhatikan dan tengok kami. Terutama  disaat kami menyelenggarakan acara, tolong karya-karya kami diapresiasi. Kami berharap pada even-even seperti Peringatan Hari Jadi Indramayu, Ekspo Pendidikan dan lain-lain, beri kami ruang khusus berupa etalase misalnya, sebagai wadah memperkenalkan hasil karya para pegiat Literasi Indramayu. Semoga.

 Penulis dan penyunting : Lilis Yuningsih

AYO MILIKI MAJALAH PENDIDIKAN GUNEMAN 


NO. 2 VOLUME V 2019



BAGI YANG MAU MENERBITKAN BUKU,  PENERBIT GUNEMAN SIAP MEMBANTU!












Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mas Kusyoto, Penulis Indramayu Spesialis Genre Roman Sejarah"

Post a Comment