Negara Maju Dengan Pendidikan Karakter


Joemaliasih, 
(Guru SMP 3 Padalarang KBB) 

Indonesia, sebuah nama yang cantik, yang sangat dicintai oleh warganya. Tidak terkecuali balita ataupun  Lansia pasti akan mengenangnya. 

Saya tidak akan menceritakan masalah Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia yang sudah terkenal. Sudah mendunia yang mempunyai nilai jual tinggi. Sangat mempengaruhi  kegiaatan ekonomi lokal maupun Internasional.

Akan tetapi,  yang saya soroti adalah bagaimana memberikan pemahaman dan pencerahan kepada anak didik kita. Terutama siswa Sekolah Dasar dan Menengah.  Perlu menjelaskan pada mereka bahwa tenaga,  pemikiran,  ide mereka yang cemerlamg menjadi syarat utama demi tegaknya negara Indonesia yang kita cintai.

Tidak mudah mengenalkan anak didik pada  pemahaman bela negara. Pemahaman bahwa merekalah ahli waris negara  yang akan melanjutkan kehidupan selanjutnya.
Maju mundurnya Indonesia sangat tergantung pada karya cipta mereka.

Bagiamana melahirkan anak-anak didik yang mempunyai pemahaman seperti itu?  Tentu tergantung pada hasil pendidikan formal ataupun informal. Keduanya harus ada keterkaitan yang saling mendukung.

Pemerintah, baru-baru ini mengenalkan pendidikan karakter dengan istilah PPK (Penguatan Pendidikan Karakter). Program ini salah satunya bertujuan untuk membangun karakter anak didik  dengan harapan Indonesia mampu melahirkan manusia I mumpuni yang mampu menjawab  tantangan di masa yang akan datang.

Dengan pendidikan karakter,  diharapkan mampu menyiapkan negara kita menjadi negara maju tanpa menghilangkan identitas bangsa Indonesia sendiri.  Dengan tidak perlu merubah Indonesia seperti Amerika,  inggris,  Jepang atau negara lainnya. Namun Indonesia mampu tampil menjadi negara maju dengan ciri khas bangsa kita.

Penyunting : Mardiah Alkaff

SUDAH TERBIT MAJALAH PENDIDIKAN GUNEMAN 

NO. 2 VOLUME V 2019



BAGI YANG MAU MENERBITKAN BUKU,  PENERBIT GUNEMAN SIAP MEMBANTU!





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Negara Maju Dengan Pendidikan Karakter"

Post a Comment