Pelatihan "Cakep" yang cakep abis.


Guneman. Bandung. Selama 2 hari, Jumat dan Sabtu (26 - 27/4) Yayasan BPI mengadakan pelatihan Calon Kepala Sekolah (Cakep). Sebanyak 30 peserta dari berbagai unit BPI (TK, SD, SMP, SMA 1, SMA 2, dan SMK) mengikuti pelatihan.

Drs. Iyep Sobari,M.Pd,Ketua Yayasan BPI, pada pembukaan pelatihan mengatakan dasar diadakannya pelatihan adalah untuk membuat Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) 2020 -2025, memenuhi Permen no 6 tahun 2018 tentang  Kepala Sekolah harus berstandar, dan untuk regenerasi.

Narasumber yang dipilih oleh Yayasan BPI adalah Dr. Darwis,M.Pd, Pengawas Sekolah Dasar dan Tim Pengembang Model dan Sistem Pengawasan di Daerah Khusus Ditjen Pembinaan dan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Dirjen GTK, Kemendikbud. Seorang yang humoris dan berkompeten dalam bidangnya. 

Dr. Darwis pada pelatihan hari pertama membedah tema "Kepala Sekolah bermutu di Zaman Now." Metode pengajaran analogi yang dipilih, mampu membuat peserta pelatihan tak beranjak dari kursinya sampai sore hari.  Dengan dibekali "Learning Log" materi semakin terasah dan  terarah.

Pada hari kedua, narasumber yang super ini, membekali peserta pelatihan tentang Supervisi dan Penggunaan Smartphone untuk Pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Focus Group Discussion (FGD) berhasil membuat peserta asyik berdiskusi dengan menggunakan smartpone. Selain itu sebanyakn 320 tools tentang pembelajaran  diberikan juga untuk dipelajari.

Pada sesi refleksi, setiap peserta harus membuat Vlog tentang kesan selama pelatihan, rencana tindak lanjut, dan harapan ke depannya, kemudian diunggah ke grup pelatihan.

Pelatihan yang sangat luar biasa dan berkesan, demikian pendapat hampir semua peserta pelatihan. 

"Semua pelatiham itu sama saja, yang terpenting adalah The next after the class , ucap Dr. Darwis mengakhiri pelatihan Cakep di BPI.

Terima kasih Yayasan BPI yang telah memfasilitasi dan memberikan ilmu lewat narasumber yang hebat.
Terima kasih Dr. Darwis, telah memberikan pencerahan kepada guru-guru BPI.. (Rina Indrawaty-Guneman)

 

SEGERA MILIKI !

MAJALAH PENDIDIKAN GUNEMAN NO. 2 VOLUME V 2019

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pelatihan "Cakep" yang cakep abis."

Post a Comment