Pelatihan Debat Juri Bahasa Inggris Jawa Barat 2019

Lembang,Guneman. Dinas provinsi Jawa Barat mengadakan training of trainer (ToT) juri debat bagi para guru bahasa Inggris di wilayah Jawa Barat. Setiap kabupaten/kota mengirimkan dua orang peserta, sehingga terdapat 54 orang calon juri debat yang mewakili 27 kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat. Tujuan dari ToT ini diantaranya untuk menghasilkan juri profesional yang akan bertugas pada lomba debat bahasa Inggris di tingkat provinsi Jawa Barat yang akan dilaksanakan sekitar bulan Juni 2019.  Hasil dari lomba debat pada bulan Juni nanti tersebut akan dipilih beberapa best speaker yang akan dilatih di tingkat provinsi dan diseleksi empat orang untuk mewakili tingkat provinsi ke tingkat nasional. 

Kegiatan ToT juri debat bahasa Inggris dimulai dari tanggal 22 sampai dengan 24 April 2019 bertempat di Hotel Panorama Lembang Bandung Kabupaten Bandung Barat. Materi pelatihan yang diberikan membantu para peserta untuk menjadi juri debat yang handal. Materi tersebut diantaranya mencakup materi isi debat (Matter), gaya penyampaian isi debat (Manner), struktur cara penyampaian isi debat (Method) dan cara penjurian (Adjudication). Selain mendapatkan materi, para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk berlatih menjadi pendebat dan juri.

Peserta mengaku bahwa tidak mudah menjadi pendebat. Kemampuan berbahasa Inggris saja tidak cukup, namun harus pula didukung dengan kemampuan menyampaikan argumen yang didukung dengan bukti dan analisis. Peserta juga mengungkapkan bahwa tidak mudah pula menjadi juri. Dituntut kemampuan menilai yang akurat terhadap setiap argumen yang diberikan oleh setiap pembicara dalam tim pemerintah dan tim oposisi. 

Debat bahasa Inggris yang dilombakan secara bertahap mulai dari tingkat kabupaten, kemudian provinsi, nasional dan internasional, sudah merupakan kegiatan lomba tahunan. Peserta lomba diharuskan siswa kelas 10, agar ketika masuk ke tingkat nasional siswa tersebut berada di kelas 11, dan jika lolos ke tingkat internasional, siswa tersebut berada di kelas 12. (Badriah-Guneman)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pelatihan Debat Juri Bahasa Inggris Jawa Barat 2019"

Post a Comment