HIDANGAN DI RUANG GURU : Hidangan Kedua, Gara-Gara Bola


oleh Ratna Muda Ningrum


“Bu, Galih, dkk memberikan kejutan lagi,” ucap Guru BK menyapaku saat istirahat tiba.

“Saya, tadi ada kepentingan dulu yang harus diselesaikan, sehingga meninggalkan kelas beberapa saat. Eh...ternyata anak-anak malah main bola di dalam kelas,” ungkap Bu Eli sang Guru IPS menambahkan laporan.

“Semua sudah ditangani Pak Damin staf kesiswaan. Bahkan, bolanya pun sudah dihancurkan,” tegas guru BK menguatkan informasinya kepadaku.

“Neng, punten! Ibu tadi di kelas enggak kuat menahan air mata. Ibu tadi menangis dengan anak-anak,” ungkap Bu Yati Guru Bahasa Inggris tidak ketinggalan memberikan laporan kepadaku sebagai wali kelas yang sedang menjadi berita utama saat istirahat hari ini.

Dengan mata yang masih sembab, Bu Yati melanjutkan laporannya, “Anak-anak di kelas curhat, karena ulah beberapa anak laki-laki yang melakukan kesalahan, seisi kelas dimarahi oleh semua guru yang masuk ke kelas hari ini. Mereka minta maaf  sambil menunduk dan menangis. Mereka pun dengan terisak menyampaikan rasa iba untuk wali kelasnya. Katanya kasihan kepada wali kelas, sebab selalu saja ada kejadian yang membuat nama baik kelas tercoreng.”

Bagiku hari ini ada hidangan istimewa dari anak-anakku. Kata “maaf”diiringi isak sesal dan merasa bersalah adalah karakter mulia seorang siswa. Rasa sayang kepada wali kelas karena nama baik kelas tercoreng oleh kesalahan beberapa orang menunjukkan empati dan tanggung jawab anak-anakku yang luar biasa.

Aku banyak diajari oleh anak-anak yang bemasalah di kelas. Ternyata,  pada umumnya mereka bermasalah juga di rumahnya. Semoga di sekolah dan di rumah bisa mendidik mereka menjadi orang yang terampil mengatasi masalah, bukan menjadi sumber setiap masalah.

Semoga rasa bersalah,
karena menyadari dirinya berbuat salah,
membuat anak-anakku yang selalu bermasalah,
tidak mengulang kembali perilaku yang salah.
                                                (Hidangan istimewa di ruang guru saat jam istirahat tiba)
Bersambung....

Sukabumi, 2 April 2019

Ratna Muda Ningrum, M.Pd.-Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Cisaat Kab.Sukabumi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HIDANGAN DI RUANG GURU : Hidangan Kedua, Gara-Gara Bola"

Post a Comment