APLIKASI KURIKULUM TERSEMBUNYI DALAM KBM



Dra. Rika Rachmayanti, M.Pd
(Guru Biologi SMAN 3 Cimahi)

Apa yang dimaksud dengan kurikulum tersembunyi? Mungkin sebagian guru belum begitu mengenal,  padahal dalam Kegiatan Belajar Mengajar,   secara tidak sadar guru telah mengaplikasikanya.
Kurikulum tersembunyi atau kurikulum terselubung, secara umum dapat dideskripsikan sebagai “Hasil sampingan dari pendidikan dalam latar sekolah atau luar sekolah. Khususnya hasil yang dipelajari tetapi tidak secara tersurat dicantumkan sebagai tujuan” (Wikipedia Bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas).
Jadi kurikulum tersembunyi adalah sesuatu yang dipelajari atau diperoleh  peserta didik secara tersirat dan tidak dinyatakan secara tertulis. Walaupun kurikulum tersembunyi.  Tetapi merupakan hal penting yang harus dilakukan seorang guru untuk mengembangkan potensi siswa. Bertujuan  agar  menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
 Namun masih banyak guru yang kurang mengaplikasikan kurikulum tersembunyi. Hal ini  karena,  melaksanakan  kurikulum formal saja guru  merasa keteteran apalagi ditambah kurikulum tersembunyi.
Sebenarnya guru bisa menyiasati untuk  mengaplikasikan kurikulum tersembunyi. Caranya adalah  dengan  mengambil waktu yang relatif singkat,  misalnya lima menit di awal, pertengahan atau akhir KBM.   Mungkin  kegiatan ini dinantikan oleh peserta didik.
Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi kurikulum tersembunyi dalam KBM:
Segala ucapan dan prilaku guru merupakan model bagi siswa, sehingga diharapkan guru menjadi contoh yang baik dalam satu kata dan satu perbuatan.
Ketika mempelajari tentang sistem gerak pada manusia, guru bersama siswa membuktikan bahwa tangan kita dapat merespon apa yang diperintahkan oleh otak kita untuk bertambah panjang atau bertambah pendek. Dari peristiwa tersebut,  siswa dapat mengungkapkan bahwa sebenarnya tubuh  bisa merespon apa yang dipikirkan. Sehingga guru dapat menanamkan sugesti kepada siswa untuk  berpikir positif dalam menjalani kehidupan.
Ketika mempelajari materi cermin atau  lensa, bayangan yang terbentuk akan sesuai dengan bentuk aslinya. Guru bisa menganalogikan bahwa lingkungan akan merespon sesuai dengan tingkah laku yang kita tunjukkan. Artinya bila kita bersikap baik, maka lingkungan akan bersikap baik pula terhadap kita.
Ketika mempelajari tentang sistem pencernaan makanan,  selain membahas  kandungan zat pada makanan, guru bisa mengungkapkan perubahan wujud makanan ketika dipanaskan dalam air mendidih. Misalnya , wortel yang semula keras ketika direbus menjadi lunak.  Telur yang semula lembut ketika direbus menjadi keras.  Namun serbuk kopi ketika direbus malah mengubah air panas menjadi berwarna hitam dan tercium aroma yang sedap. Analogi dari perubahan wujud tersebut adalah jika diibaratkan air mendidih sebagai persoalan kehidupan, maka jika kita bersifat sepert wortel yang masuk dalam keadaan keras dan keluar dalam keadaan lunak,  berarti tidak ada semangat juang. Begitupun bila kita seperti telur yang dimulai dari hati lembut dan berakhir dengan hati yang keras dan tanpa perasaan. Tentu saja sifat seperti telur jangan diikuti. Namun bila seperti serbuk kopi, air tidak dapat mengubah serbuk kopi, malah kopi yang mengubah air. Berarti sulitnya persoalan dapat diubah menjadi sesuatu yang indah. Permasalahan hidup, dapat  memberi kita kesempatan untuk menjadi lebih kuat, lebih baik, dan lebih tanggap.
Masih banyak lagi kurikulum tersebunyi yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran. Tentu saja untuk mewujudkan  kurikulum tersembunyi, guru harus sering membaca literatur,  sehingga dapat memperkaya analogi kehidupan sesuai dengan kajian materi yang dipelajari dalam kurikulum formal.
   
Penyunting: Mardiah Alkaff

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "APLIKASI KURIKULUM TERSEMBUNYI DALAM KBM"

Post a Comment