Pemprov Jabar Tetapkan 91 Zona PPDB 2019


Oleh Nizar Al Fadillah
 08 Mei 2019, 11:22 WIB     2923 views        Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) menetapkan 91 zona pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 tingkat sekolah menengah atas (SMA). Pembagian zona tersebut tercantum dalam Lampiran Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Barat Nomor 16 Tahun 2019 tentang PPDB SMA, SMK, dan SLB.
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dewi Sartika menjelaskan, pembagian zonasi itu adalah hasil musyawarah dan koordinasi yang dilakukan Disdik Jabar dengan Disdik kabupaten/kota. “Selain itu, pemetaan tersebut merupakan masukan dari penyelenggara pendidikan, seperti dari musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) SMK, SMA, dan pengawas di lapangan. Jadi, benar-benar direncanakan dengan matang,” ujarnya saat dihubungi, Rabu (8/5/2019).
Kadisdik memaparkan, meski berdasar kewilayahan, namun domisili calon peserta didik yang berada di kecamatan suatu zona yang berbatasan dengan zona lainnya dapat ditetapkan menjadi satu zona, seperti diatur dalam Pasal 17 Pergub Nomor 16 Tahun 2019. “Lalu, bagi sekolah yang berada di daerah perbatasan daerah provinsi, ketentuannya dilaksanakan melalui kesepakatan antara Pemprov Jabar dengan pemprov yang berbatasan,” tambahnya.
Dari 27 kota dan kabupaten di Jabar, terdapat 15 daerah yang hanya terdiri dari satu zona. Yaitu, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kabupaten Karawang, Kota Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Subang, Kota Tasikmalaya, dan Kota Banjar.
Pembagian zona terbanyak di Kabupaten Garut, yakni 10 zona. Disusul Kabupaten Bogor dan Kabupaten Bandung sebanyak 8 zona.
Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cirebon terbagi menjadi 6 zona. Sedangkan Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Tasikmalaya masing-masing terbagi menjadi 7 zona.
Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Pangandaran terbagi menjadi 4 zona. Sedangkan Kabupaten Cianjur, Kota Cirebon, dan Kabupaten Ciamis terbagi menjadi 3 zona.***
Informasi lebih lengkap mengenai Juknis PPDB 2019 di Jabar dapat dilihat di link berikut: http://bit.ly/JuknisPPDBJabar2019.***

Sumber : http://disdik.jabarprov.go.id/news/1139/pemprov-jabar-tetapkan-91-zona-ppdb-2019

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemprov Jabar Tetapkan 91 Zona PPDB 2019"

Post a Comment