SMA Doa Bangsa Menjuarai LDBI Kabupaten Sukabumi


 

GUNEMAN (SUKABUMI) – SMA Doa Bangsa dinobatkan sebagai juara Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) sekaligus menjadi perwakilan Kabupaten Sukabumi untuk ajang LDBI Provinsi Jawa Barat. Kompetisi LDBI sendiri dilaksanakan untuk pertama kalinya oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMA Kabupaten Sukabumi. Lomba adu argumentasi ini bertempat di SMA Negeri 1 Cibadak dengan mempertandingkan 16 tim dari 16 SMA se-Kabupaten Sukabumi.
Keenambelas tim yang akan bertanding tersebut adalah SMA Doa Bangsa, SMAN 1 Lengkong, SMAN 1 Parungkuda, SMAN 1 Sukaraja, SMAN 1 Cicurug, SMA IT Adzkia, SMAN 1 Nagrak, SMAN 1 Parakansalak, SMAN 1 Pelabuanratu, SMAN 1 Surade, SMAN 1 Jampangkulon, SMAN 1 Cibadak, SMA PU Albayan, SMA IT Mahmudiyyah, SMAN 1 Cisaat, dan SMAN 1 Nyalindung. Setelah melalui pertandingan yang alot, diperoleh empat semifinalis yang cukup diperhitungkan yakni SMA Doa Bangsa, SMA Negeri 1 Nagrak, SMAN 1 Jampangkulon, dan SMAN 1 Cibadak.
"Semifinal pertama, SMAN 1 Nagrak melawan SMA Doa Bangsa ketat sekali. Mosinya adalah sebagai masyarakat religius, dewan menolak politik identitas sara dalam pemilu," papar Herman Hermawan, salah seorang juri ada pertandingan itu. Sebaliknya, pada pertandingan semifinal lain, SMAN 1 Cibadak dapat mengalahkan SMAN 1 Jampangkulon dengan skor yang juga tipis untuk mosi dewan percaya bahwa negara-negara maju berkewajiban lebih besar dalam mengurusi masalah perubahan iklim daripada negara-negara berkembang.
Wawan Gunawan selaku Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMA Kabupaten Sukabumi dalam sambutannya berharap LDBI bisa setara dengan OSN dan O2SN. Selanjutnya, beliau juga berharap perwakilan Kabupaten Sukabumi dapat berprestasi pada LDBI tingkat Provinsi Jawa Barat pada 25-27 Juni 2019 di Hotel Panorama Lembang, Bandung.
"Semoga para kepala sekolah dapat memfasilitasi adanya ekskul debat di sekolahnya masing-masing dan menganggap LDBI sebagai ajang tahunan yang sama (dengan OSN dan O2SN-red) sehingga di tahun-tahun depan anak-anak Sukabumi lebih bisa berprestasi di tingkat yang lebih tinggi," ucap Wawan Gunawan dengan penuh harap.
Pada babak final sendiri, SMA Doa Bangsa berhasil menjuarai LDBI SMA Kabupaten Sukabumi setelah mengalahkan SMAN 1 Cibadak dengan mosi yang menarik yaitu dengan asumsi teknologinya ada, dewan ini akan menghapus kenangan buruk di masa lalu.(Panji Pratama)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SMA Doa Bangsa Menjuarai LDBI Kabupaten Sukabumi"

Post a Comment