Hari pertama masuk sekolah


Hasil gambar untuk hari pertama sekolah

oleh Badriah


15 Juli 2019 merupakan hari pertama masuk sekolah untuk tahun ajaran 2019-2020. Hari ini bisa saja menjadi hari bersejarah bagi beberapa orang. Ada yang melihat hari ini sebagai hari pertama dia masuk TK, masuk SD, masuk SMP, atau masuk SMA dan SMK.

Bagi mereka yang memulai masuk ke jenjang pendidikan tertentu hari ini menjadi hari penanda perubahan dalam jenjang pendidikan mereka. Sedangkan bagi mereka yang lain yang melanjutkan pendidikan, hari ini pun tetap sama pentingnya yaitu memulai tahun ajaran baru.

 Bagaimana dengan guru?
Hari ini menjadi hari istimewa, seistimewa hari-hari yang dimiliki oleh para siswanya. Hari ini secara akademik tercatat sebagai hari pertama tatap muka dengan para peserta didik. Bisa saja banyak hal yang ada di dalam pikiran. Mulai dari pertanyaan bagaimana siswa tahun ini, peluang apa yang muncul pada tahun ini,  resolusi  apa yang akan dicapai pada tahun ini dan pertanyaan-pertanyaan lain yang terkait dengan layanan pendidikan dan peningkatan karir.

Pada tahun ajaran baru, terutama pada hari pertama guru dan siswa sama-sama menghadapi sesuatu yang ditunggu-tunggu. *Kesan apa yang akan diperoleh pada hari pertama.*

Kesan menjadi penting dalam sejarah hari-hari siswa dan guru. Ketika kesan pertama positif maka diasumsikan selama tahun ajaran tersebut akan pula positif. Sebaliknya jika kesan hari pertama negatif,
Ada kemungkinan gambaran negatif membayangi selama 1 tahun ajaran.
Bagi para guru sangat penting untuk memberikan gambaran positif kepada para siswa sehingga mereka menemukan hari pertama di sekolah menjadi hari yang menyenangkan.
Bagaimana cara memberikan kesan positif kepada para siswa? Yang harus dilakukan tidak sesulit teori. Jadilah diri sendiri, jadilah guru yang profesional sehingga setiap gerak-gerik,  tingkah polah, ucap perkataannya menjadi panutan.

Pesan guru melalui bahasa tubuh sangat penting dikenali oleh para peserta didik. Sebagai contoh guru yang ramah membantu para peserta didik yang baru merasa diberi sambutan yang hangat dari warga sekolah. Kesan positif dari guru walaupun hanya sekadar senyum akan mempengaruhi keberhasilan peserta didik kelak di kemudian hari.
Pada saat yang sama, keramahan yang ditampilkan oleh guru juga akan memberikan kesan positif terhadap dirinya sendiri juga rekan rekan kerjanya.
Oleh karenanya, tersenyumlah! Sambutlah hari pertama masuk sekolah dengan kelapangan dada dan kesiapan untuk melakukan satu resolusi baru.

Selamat menjalani hari pertama sekolah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hari pertama masuk sekolah"

Post a Comment