Menjadi Guru Hebat Melalui Program Virtual Coordinator Training (VCT)


oleh
Siti Rohayati, S.Pd.SD.

Guru SDN Sumberjaya 04 Tambun Selatan.

Peserta VCT Batch 4 VCI 77 Jabar 03


    Menjadi guru hebat adalah harapan dan cita-cita dari semua bapak dan ibu guru. Guru hebat  tidak hanya bisa tampil mengajar dan memaparkan materi di dalam kelas secara ofline. Memindahkan data, nilai atau memberi perintah kepada anak didiknya. Guru hebat harus melek literasi dan harus melek tekhnologi pula.
    Untuk menyeimbangkan itu semua, guru hebat harus menyiapkan pengembangan diri menghadapi revolusi industri 4.0. Bagaimana caranya? Yuuk, ikuti kegiatan seminar online Virtual Coordinator Training (VCT)

yang diselenggarakan SEAMOLEC.
    Kemendikbud bekerjasama dengan SEAMEO mengajak  para bapak ibu guru hebat mengikuti seminar online secara FREE. Diharapkan guru miliki kemauan keras, semangat tinggi dan keikhlasan kuota serta kesabaran menghadapi SINYAL yang selalu menggoda rasa dan jiwa. Itu kunci kesuksesan pada kegiatan tersebut.
   Aku dapatkan link untuk pendaftaran seminar online batch 4 VCT, dari sahabat literasi digrup wattshap Komunitas Guru Penulis Bekasi Raya, yaitu ibu Rosalina. Kebetulan aku berada dikomunitas yang sama. Sama-sama pegiat literasi di sekolah dan suka menulis hingga menjadi sebuah buku yang diterbitkan oleh penerbit MediaGuru dan penerbit lainnya.

    Setelah mendaftar, beberapa hari kemudian, namaku dimasukkan dalam WAG VCI 77 Jabar 03 sebagai peserta VCT BATCH 4 JABAR JUARA. Wow, aku harus berbagi waktu dengan kegiatan mengajar dan kegiatan lainnya.  Sanggupkah? Bismillah. Ada tiga presentasi yang harus diikuti secara online selama tiga hari berturut-turut.  Presentasi hari pertama bersama pihak SEAMEO yang memaparkan tentang segala hal tentang Program Virtual Coordinator Indonesia, dari mulai latar belakang , tujuan, dan goal yang ingin dicapai. Hari kedua, presentasi virtual dilakukan bersama para instructor, membahas mengenai cara pembuatan flyer.  Dan hari ketiga peserta dibekali materi cara pembuatan presensi online dan memuat URL singkatnya.

    Selanjutnya mulailah, seluruh peserta melaksanakan tugas atau perintah seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya. Kegiatan ini online, kita para guru dan para instructor dalam belajar dan memberikan pengarahan  melalui jarak jauh dan tidak saling mengenal satu dengan lainnya.

     Karena miliki visi dan misi yang sama, jadi kegiatan seminar online bisa terlaksana dengan baik. Tugas utama peserta harus tampil menjadi presenter dua kali, host dua kali dan moderator dua kali. Selain tugas yang mendampingi yaitu membuat presensi, melalui goegle form,  membuat flyer melalui aplikasi canva dan merekam melalui aplikasi du recorder.

     Seluruh peserta saling mensupport, saling membantu, saling sharring, saling melengkapi, saling mengingatkan, saling memotivasi. Sungguh kolaborasi yang indah dan membawa dampak positif dan manfaat yang dahsyat serta hasil yang luar biasa hebat.

    Dengan bimbingan dan arahan serta pendampingan dari bapak ibu instructor yang tak kalah hebat dan semangatnya dalam membakar amarah dan rasa, sehingga mampu mengembalikan rasa down dan lelah bak pelari marathon.

    Mampu mengembalikan para peserta yang mulai putus harapan ke jalan yang diharapkan yaitu berkeinginan yang tinggi untuk belajar dan belajar walau via online.

    Ketidaktahuan peserta karena kesibukkan tugas lain hingga tertinggal,  segera diguyur semangat dan tuntunan perlahan tapi pasti, oleh peserta lainnya sampai peserta itu tahu dan mengerti.

    Kelelahan peserta karena ketegangan yang melanda, segera dikompres oleh peserta lainnya agar lelah itu sirna berganti semangat membara.

    Kemunduran peserta karena merasa tidak bisa seperti peserta lainnya, segera digas sampai pol oleh peserta lainnya, supaya tetap bertahan dan bertahan. Tentu semua tak lepas dari semangat dan motivasi yang diberikan bapak dan ibu instructor.
    Terus bergerak seiring berjalannya waktu yang semakin dekat dipenghujung batas akhir yang ditentukan.

Kolaborasi itu semakin dirasakan oleh seluruh peserta. Peserta yang sudah selesai tugas dan memasukkan semua tugas ke kantung tugaspun ikut ambil bagian membantu.
    Mereka tak tinggal diam. Terus menyemangati teman-teman guru hebat dan membantu mengisi kegiatan menjadi presenter, host, moderator, membuat presensi, membuat flyer bahkan merekam, untuk melengkapi tugas teman lainnya, agar tugas tuntas dan masuk kantung tugas dan dinyatakan LENGKAP.
   Semua itu ada dikegiatan seminar online VCT 77 Jabar 03 Batch 4 Jabar Juara.

Atas ilmu yang didapat Inshaa Allah mampu menjawab tantangan dalam menghadapi revolusi industri 4.0.
   Alhamdulillah, bangga menjadi bagian dari kegiatan seminar online VCT. 

Terima kasih atas semua ilmunya. Sangat bermanfaat untuk masa depan lebih baik lagi.
Guru hebat siap menyongsong revolusi industri 4.0.


#hidupvctindonesia
#vctbatch4jabarjuara
#tambahilmudiseminaronlinevct
#terimakasihinstructorguruhebatloveu

Tambun, 27 Juni 2019

Penyunting: Saeful Amri

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Menjadi Guru Hebat Melalui Program Virtual Coordinator Training (VCT)"

  1. Selamat ya sahabat hatiku. .Bu Siti Rohayati chantiik sholehah, sosok guru hebat. .Nan Luar biasaa.. Semoga. Makin sukses ya.. Barakallahu fiik

    ReplyDelete
  2. ya Allah, bu Roha ruaar biasa.


    jempol buat bu yang syantik

    ReplyDelete