Pertemuan Pertama Begitu Menggoda, Selanjutnya Menarik Siswa

oleh
Wiwi Widuri 

Sebuah ungkapan bertuliskan "Kesan pertama begitu menggoda selanjutnya terserah anda." Ungkapan penuh makna yang tidak hanya digunakan kepada para remaja yang sedang terserang penyakit cinta atau kasmaran. Ungkapan ini dapat dijadikan bahkan diterapkan oleh semua para pengajar atau guru dan atau para motivator ketika menghadapi ribuan audiens. 

Kata 'terserah anda', berartikan pada sebuah pilihan apakah akan selamanya berkesan atau hanya di awal saja. Maka dengan mengambil ide dari ungkapan tersebut dan mengganti serta menambah beberapa kata untuk dijadikan sedikit tulisan ini, saya coba mengaitkan ide dari ungkapan di atas dengan pelaksanaan pembelajaran di awal tahun atau awal masuk sekolah. 

Dengan penuh kesengajaan frase 'terserah anda' diganti dengan 'menarik siswa', karena jika tetap menggunakan dua kata tersebut, 'terserah anda', maka mungkin kesan pertama atau pada pertemuan pertama akan menggoda dan berkesan, selanjutnya terasa bosan. 
Hal ini sesuai dengan penjelasan sebelumnya 'terserah anda', berupa pilihan apakah akan selamanya berkesan, tergoda, atau malah sebaliknya bosan dan tanpa rasa.

Pertemuan pertama antarpengajar dengan siswanya menjadi ajang bahkan moment penting untuk pertemuan selanjutnya dalam waktu terbilang lama antara 8 sampai 12 bulan atau selama satu tahun pelajaran. Jika di awal memberika kesan baik, di awal penuh tantangan, dan di awal penuh rasa dalam menyapa, bertanya kabar, bersalaman, saling memberi senyuman, dan tentunya tetap memberikan motivasi serta ketegasan, maka  pertemuan pertama dengan siswa akan begitu berkesan sehingga ketertarikan siswa pada gurunya akan berlanjut hingga kenaikan atau bahkan kelulusan mereka. Tidak hanya tertarik kepada gurunya, tetapi lebih jauh siswa akan tertarik pada setiap apa yang diajarkan dalam hal materi pelajaran yang diemban oleh guru tersebut serta mungkin akan meniru  segala tingkah laku, ucapan dari gurunya. Tentunya tingkah laku dan ucapan yang baik.

Pertemuan pertama akan berkesan dan membuat ketertarikan siswa kepada gurunya juga mungkin sebaliknya, guru terhadap siswanya memang perlu dilakukan oleh siapa saja yang merasa mereka adalah pengajar atau yang sering berbicara di depan audiens. Maka moment penting ini jangan dilewatkan justru harusnya dipersiapkan dengan matang dan penuh perencanaan. Adapun fakta di lapangam tidak sesuai dengan rencana yang sudah disusun, dengan berbagai kendala dan karakter peserta didik yang luar biasa tidak sesuai dengan apa yang dibayangkan dan diharapkan, yang terpenting sebelum pertemuan pertama dengan mereka semuanya sudah disusun dan  direncanakan dengan rapi.

Mari mengajar dengan hati penuh ketulusan, keikhlasan, dan tentunya hanya mengharap rido Allah SWT. Semoga




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pertemuan Pertama Begitu Menggoda, Selanjutnya Menarik Siswa"

Post a Comment