Jabar Masagi Solusi Peningkatan Karakter Siswa


Hasil gambar untuk jabar masagi logo

oleh:
 Rahmat Hidayat
Guru SMAN 1 Cikalongwetan Bandung Barat

Pendidikan karakter, merupakan salah satu kegiatan yang menjadi fokus utama dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia, Khusus di jawa barat, gubernur mencanangkan kegiatan jabar masagi. Program Jabar masagi dilatar belakangi adanya perkembangan Industri 4.0 dan pengaruhnya terhadap dunia pendidikan, serta kompetensi yang dibutuhkan pada abad 21, tingkat perkawinan anak dan  pengangguran terbuka (TPT) tertinggi di Jawa Barat berasal dari SMK, yaitu 13.23% (BPS, 2018), dan permasalahan perilaku pada remaja seperti gangguan mental (kecemasan, depresi, dan sebagainya), serta dampaknya pada kehidupan mereka.

Jabar masagi merupakan program mewujudkan manusia unggul jawa barat. Manusia unggul   memiliki 4 pondasi  yaitu iman (religius), ilmu (cerdas) , ahlak (karakter), dan sehat (fisik dan mental).  Melalui program  ini akan tercapai manusia yang masagi (harmoni). Manusia harmoni diharapkan mampu memilki 4 sifat belajar, yaitu :
1.   Niti Bakti, adalah manusia yang selalu belajar hidup bersama berbakti pada negeri dengan cara toleran & multi perspektif, menggerakkan (kerjasama & kolaborasi), selaras dengan alam, menghargai budaya & peninggalannya, dan agama & kepercayaan berbeda
2.   Niti Surti, selalu belajar untuk merasakan menghargai perikehidupan manusiawi dengan cara terampil mengelola emosi, hubungan antar manusia, mawas diri, dan kepekaan sosial
3.   Niti Harti, belajar untuk mengetahui mengembangkan akal dengan cara terampil berpikir kritis & kreatif, memecahkan masalah, mengambil keputusan, dan belajar sepanjang hayat (mengambil makna & pembelajaran)
4.   Niti Bukti, belajar untuk melakukan membuktikan laku diri dengan cara mengorganisasi  diri dan waktu, sikap positif dan memanfaatkan kekuatan, memperhatikan proses dan hasil, dan pantang menyerah

Setelah manusia jawa barat memiliki 4 sifat belajar tadi dalam kehidupannya, maka diharapkan akan tercapai Niti Jadi (Niti Jati/Sajati) yaitu sajatining jawa barat, manusia unggul jawa barat. Sesuai dengan visi jawa barat yaitu menumbuhkan manusia Jawa Barat yang harmoni dengan diri, alam dan seluruh mahluk hidup untuk mewujudkan nilai-nilai kemanusiaan yang dititipkan Sang Maha Pencipta.

Adapun prinsip jabar masagi adalah hasil yang berproses, andal berdaya lenting, relasi yang positif, makna dalam tujuan, orientasi sikap positif, nilai suatu kekuatan, dan inisiatif yang melibatkan. 7 prinsip jabar masagi ini, diharapkan akan mencapai tujuan. Tujuan  yang akan dicapai adalah siswa mendapatkan rasa berprestasi (tidak harus melulu akademik) dengan mencapai hasil belajar yang positif, siswa cenderung tangguh/ulet dan tidak tergelincir baik oleh kesulitan akademik maupun sosial, siswa memiliki hubungan yang positif dengan teman dan guru/warga sekolah, siswa memiliki rasa kebermaknaan atas hal yang mereka pelajari di sekolah, dan memahami relevansinya dengan masa depan mereka, siswa merasa bagian dari sekolah, baik secara penerimaan sosial maupun secara akademik, siswa mengenali kekuatan dan keterbatasan yang dimiliki, dan siap untuk bekerja keras, dan siswa terlibat dalam proses pembelajaran, memandang usaha yang dilakukan sebagai suatu proses yang positif dan mencari tugas-tugas yang menantang yang dapat membantu mereka dalam mempelajari hal-hal baru.

Jabar Masagi ini dilaksanakan dalam berbagai model pelaksanaan kegiatan, seperti kegiatan menstimulasi sekolah dalam melakukan praktik baik pendidikan karakter, berbagai macam festival seperti festival someah, festival rengkuh dan festival nuhun. Selain itu juga dengan Integrasi model Jabar Masagi dengan berbagai inisiatif Pendidikan karakter pemangku kepentingan yang lainnya.

Jabar masagi dilaksanakan dengan menghidupkan nilai dan potensi yang ada, menghidupkan nilai-nilai luhur dari budaya lokal  jawa barat, mewujudkan perubahan melalui gotong-royong, dan mengkolaborasikan inisiatif berbagai pihak (skpd terkait, lembaga swdaya masyarakat, komunitas, lembaga penelitian, dan pemangku kepentingan lainnya). Sehingga dapat tercapai pembangunan ekosistem sekolah yang berorientasi pada kebagjaan siswa. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jabar Masagi Solusi Peningkatan Karakter Siswa"

Post a Comment