NOBAR STORY TELLING


oleh Eti Nurhayati, S.S., M.Pd.*)

       Pembelajaran di dalam kelas kerapkali mengundang kejenuhan bagi guru dan siswa yang terlibat dalam proses pembelajaran. Hal ini menuntut guru untuk menciptakan dan mengembangkan teknik baru agar suasana pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Demikian pula dengan pembelajaran Bahasa Inggris.
       Beberapa tahun belakangan ini saya sering mengajak siswa untuk berada di luar kelas, terutama dalam pembelajaran Narrative Text. Siswa yang semula mendongeng di depan kelas, kini tampil di hadapan kawan-kawannya di teras kelas dengan penonton menggelar tikar, santai sekali. Suasana baru kami rasakan, lebih segar dan lebih semangat. Anak-anak menyebutnya Nonton Bareng (NOBAR).
     Asik Nobar, Asik Nobar! teriak mereka ketika aku tiba di kelasnya dan mengajak mereka keluar kelas. Begitu riangnya. Rupanya mereka enjoy dengan cara baru yang kuterapkan. Aku tersenyum bahagia. Dengan serta-merta mereka mengambil  beberapa tikar plastik yang berada di pojok kelas dan membawanya keluar. Tikar pun digelar dan mereka duduk dengan santainya. Putra dan putri duduk di tikar terpisah. Menonton temannya mendongeng (story telling) sambil menunggu giliran untuk tampil ke depan.
       Tiba saatnya mereka tampil dengan kostum dan gaya yang sudah mereka persiapkan sendiri. Luar biasa sambutan tepuk tangan dan sorak sorai penonton menyambut temannya tampil.   
       Berkali-kali aku terlibat nobar seperti ini dengan kelas yang berbeda-beda. Umumnya mereka senang. Nah … suasana ceria, kecenderungan siswa yang lebih aktif dan kreatif  menjadi alasan mengapa aku mengulang cara tersebut dari tahun ke tahun.
________________
*) Penulis
Eti Nurhayati, S.S., M.Pd. Lahir di Tasikmalaya. Karya-karyanya telah dimuat di beberapa media massa. Buku-bukunya yaitu Pengantar Sastra, Jejak-Jejak dalam Sajak, Adelaide dalam Bingkai Kenangan, Miracle of Life, Sebuah Refleksi. Pada Tahun 2015, penulis mengikuti Teacher Professional Program di Adelaide, Australia Selatan. Tahun 2016 menjadi presenter pada Siliwangi International English Conference. Tahun 2017 mendapatkan penghargaan  Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat atas partisipasinya dalam menyukseskan Gerakan Guru menulis 100 buku, dan mengikuti Desiminasi Nasional Literasi yang diselenggarakan oleh KEMDIKBUD. Penulis aktif mengajar di SMP Negeri 1 Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya. Bergabung dengan Forum Gumeulis (Guru Menulis) dan KPLJ. Surel etinurhayati206@gmail.com.

Penyunting: Saiful Amri, M.Pd.
   


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "NOBAR STORY TELLING"

Post a Comment