SMP Negeri 3 Padalarang bersahabat dengan Cleve Area School (CAS)


SMP Negeri 3 Padalarang bersahabat  dengan Cleve Area School (CAS)   Australia Selatan. Rabu 28 Agustus salah satu guru CAS, Miss Marlina telah berkunjung ke SMP 3 Padalarang.

Iwan Ridwan Setiadi, M.Pd. Kepala SMP Negeri 3 Padalarang telah menerima utusan Australia tersebut di aula. Bersama 40 anggota sister school dan Ekskul English Club asuhan Dewi Risniawati, S.Pd. muncul banyak pertanyaan siswa dalam Bahasa Inggris.

SMP Negeri 3 Padalarang merupakan wakil Bandung Barat yang  telah terpilih menjadi salah satu dari 11 sekolah Sister School di Jawa Barat sejak  tahun 2018.

Program Disdik Provinsi Jawa Barat ini,  akan terus berlanjut dalam berbagai kegiatan.  Sehingga terjadi pertukaran budaya dan pendidikan kedua sekolah yang dipasangkan.

Sebagai program awal,  sebanyak 40 siswa SMP Negeri 3 Padalarang telah dipasangkan dengan 40 siswa Cleve Area School melalui email. Kedua siswa dari dua negara  bisa berbagi pengalaman melalui  dua bahasa, Indonesia dan Inggris. Program selanjutnya akan dilaksanakan video confrence kedua sekolah.  Program akan terus berlanjut dalam berbagai kegiatan yang saling mengisi kedua sekolah.

Kehadiran guru bahasa Indonesia  Australia itu tentu disambut bahagia oleh siswa dan guru SMP Negeri 3 Padalarang,   karena selama lebih satu tahun hanya berkomunikasi lewat media sosial. Kini Marlina bisa mengamati langsung seluruh aktivitas dan kondisi sekolah sahabatnya.

Marlina sangat terkesan dengan kebiasan siswa yang memberi salam cium tangan pada gurunya. "Siswa di sini benar-benar santun dan hormat pada gurunya,  saya kagum pada mereka," begitu kagumnya  ketika dia mendapat cium tangan dari siswa saat berkeliling ditemani salah satu guru alumni training Australia,  Mardiah.

Beberapa pertanyaan telah dilontarkan oleh guru SMP 3 Padalarang saat tamu negeri Kanguru itu berkumpul di ruangan. Sehingga telah mendapat masukan bagaimana proses pembelajaran yang dilakukan di Australia Selatan.   Pengalaman langsung yang sangat berharga telah diterima oleh guru disaat istirahat.

"Semoga program sister school ini dapat berlanjut sehingga memberikan pengalaman berharga bagi sekolah kami.  Dapat membimbing pelajaran bahasa Inggris bagi siswa, juga mampu membangun pertukaran budaya kedua negera.  Intinya kami sangat bahagia dapat pasangan dengan Cleve Area School," demikian Iwan Ridwan Setiadi,  M. Pd
menyampaikan di Aula.

"Saya sangat bahagia sekolah kami bisa dipasangkan dengan SMP 3 Padalarang. Sekolah ini bagus ruangannya, bersih,  pemandanngannya indah,  siswanya sopan dan santun, udaranya segar. Siswanya bagus bisa belajar cukup lama, dari 07.00 sampai 15.00 karena di Cleve mulai 09.00 sampai 15.00,"  demikian kesan Marlina ketika ditanya oleh  pengelola sister School,  Mardiah dan Dewi Risniawati tentang kunjungannya.

Apresiasi besar,  tentunya bagi Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang telah memberikan fasilitas. Hingga 11 sekolah SD,  SMP,  SMA/K negeri dan swasta yang ada di Jawa Barat yang telah mengikuti program Sister School. Semoga pendidikan tanah air akan terus maju.


Penulis : Mardiah, M.Pd
(SMP Negeri 3 Padalarang)

28 Agustus 2019.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SMP Negeri 3 Padalarang bersahabat dengan Cleve Area School (CAS) "

Post a Comment