Guru Indramayu meraih Juara I Lomba Inobel Tingkat Nasional



Menjelang peringatan Hari Jadi yang ke-492 Kabupaten Indramayu kembali mendapatkan kado yang indah dari dunia pendidikan. Kali ini kado indah itu datang dari Guru Bahasa Inggris SMP Negeri Unggulan Sindang, Ana Rohdiana, M.Pd yang telah meraih penghargaan Juara I Lomba Inovasi Belajar (Inobel) Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Dirjen GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 23 sampai dengan 27 September 2019 kemarin.

Inovasi pembelajaran yang dibuat oleh Ana Rohdiana, M.Pd. berjudul “Pengembangan Mobile Android Board Games Untuk Mendukung Kecakapan Abad XXI dan Keterampilan Menyusun Teks Lisan Bahasa Inggris Siswa SMP”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan Ibu guru Bahasa Inggris ini terhadap perkembangan teknologi pada abad XXI dan Revolusi Industri 4.0.

Kesadaran akan tuntutan kemampuan anak-anak didiknya terhadap penguasaan kecakapan abad XXI, yaitu critical thinking, creativity, collaboration dan communication serta penguasaan terhadap teknologi digital, membuatnya mencoba melakukan research and development dengan membuat produk media pembelajaran berbasis android system, yaitu Mobile Android Board Games. Media pembelajaran ini berupa media permainan dengan menggunakan android smart phone, dan ternyata berdasarkan penelitian Ana Rohdiana, M.pd terbukti mampu membantu siswa menguasai keterampilan menyusun teks narative text, descriptive text, procedure text dan recount text secara lisan.

Suatu kebahagiaan yang tak terkira, ketika karya inovasi belajar ini ternyata mendapatkan penghargaan Juara I Inobel Tingkat Nasional. Begitulah mungkin slogan “Guru Mulia Karena Karya” mengangkat martabat guru Indonesia melalui berbagai perlombaan karya inovasi di bidang pendidikan sesuai dengan profesi para guru. Kementerian Pendidikan Indonesia melalui Dirjen GTK melaksanakan berbagai kegiatan peningkatan kompetensi guru dan perlombaan untuk guru setiap tahunnya. Seperti Diseminasi Guru Dikdas dan Dikmen Berprestasi, Workshop Penulisan Jurnal untuk Guru Dikdas dan Dikmen Berprestasi, Workshop Perlindungan Guru, Lomba Inovasi Belajar (Inobel) dan Anugerah Konstitusi, serta kegiatan peningkatan kompetensi lainnya.



Semoga prestasi Ana Rohdiana, M.Pd ini dapat memotivasi guru-guru di Indonesia, khususnya di Kabupaten Indramayu untuk memiliki semangat berkarya dan semangat mengabdi untuk negeri, serta meningkatkan antusiasme para guru untuk mengikuti berbagai kegiatan peningkatan kompetensi dan lomba karya inovatif dunia pendidikan. (Abdul Haris, S.Pd)





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Guru Indramayu meraih Juara I Lomba Inobel Tingkat Nasional"

Post a Comment