JAMBORE GUDEP 25043-25044 SMPN 2 CIMAHI DI BUPER MANDALAJAYA


oleh Saiful Amri, M.Pd.*}


       Rabu, 18/09/2019, udara masih terasa dingin saat Ka Mabigus, Kak Holil, S.Pd. melepas rombongan Jambore Gudep 25043-25044 SMPN 2 Cimahi. Peserta berjumlah 431 terdiri 209 putera dan 222 puteri terbagi dalam 42 regu yaitu 21 putera dan 21 puteri serta 32 pembina.  Para orang tua turut serta melepas rombongan. Ini menjadi indikator kepedulian para orang tua terhadap kegiatan sekolah.
       Perjalanan dari Desa Cileuya, Kecamatan Cimahi, Kabupaten Kuningan menuju Desa Mandalajaya, Kecamatan Maleber, Kabupaten Kuningan ditempuh sekitar 30 menit. Bumi Perkemahan “Embah Buyut Suryalaga” memiliki multifungsi seagai bumi perkemahan, lapangan sepak bola, dan hajatan lainnya. Luas buper sekitar seribu meter persegi dengan fasilitas cukup lengkap, penerangan, sound system, dan MCK.
      
Acara diawali dengan pembagian kaveling tenda antara putera dan puteri. Selanjutnya mendirikan tenda, memasak, dan melaksanakan Salat Zuhur. Siang hari dilaksanakan Upacara Pembukaan perkemahan oleh Ka Mabigus. Dalam sambutannya beliau menghimbau agar peserta mengikuti kegiatan dengan ceria dan penuh antusia. Dengan keceriaan tersebut diharapkan semua peserta sehat dan mampu mengikuti kegiatan hingga akhir. Antusias juga diperlukan agar banyak ilmu bermanfaat yang diperoleh dari kegiatan perkemahan.
       Upacara pembukaan dikemas dengan menarik. Pembina membuka acara dengan memutus tali benang menggunakan kapak. Benang dihubungkan ke tambang di mana di bagian atas terikat tunas kelapa dan di bagian bawah terikat bendera pramuka. Ketika benang terputus oleh kapak maka secara otomatis tunas terjatuh dan bendera bergerak ke atas.
      
Kegiatan perkemahan diisi dengan acara yang padat. Jadwal kegiatan disampaikan kepada seluruh peserta. Di antara kegiatan tersebut adalah penilaian tenda, latihan berbaris, penilaian yel-yel, presentasi, wide game, dan kegiatan lain. Wide game dilaksanakan pada hari berikutnya, Kamis, 19/09/2019. Kegiatan ini dibagi dalam enam pos. Setiap pos diisi oleh beberapa dewan penggalang dan Pembina.  Aktivitas  menyusuri perbukitan dan sungai. Banyak pengalaman yang diperoleh dari kegiatan ini. Peserta belajar kekompakan, kedisiplinan, pengetahuan, dan kemandirian.
       Acara yang ditunggu-tunggu adalah upacara api unggun. Acara ini menjadi kegiatan puncak yang diisi penampilan seni dari  masing-masing kelompok. Upacara api unggun diawali dengan menyalakan api induk oleh pembina upacara, Kak Sarjum, S.Pd. Kemudian sepuluh petugas menyalakan api Dasa Darma. Selanjutnya masing-masing petugas mengucapkan Dasa Darma yang diakhiri dengan menyulutkan api ke tumpukkan kayu. Kemudian Pembina menyulutkan api induk ke beberapa kembang api yang telah disediakan pada tempat yang dirancang secara khusus. Acara sungguh menarik bagi seluruh peserta dan para orang tua yang menghadiri. Pembina berpesan agar para penggalang dapat mengamalkan Dasa Darma dalam kehidupan sehari-hari.
       Malam puncak kegiatan diisi dengan panggung hiburan. Acara ini merupakan kelanjutan dari kemeriahan api unggun. Artis tamu maupun para siswa mengisi acara pentas seni ini. Tak lupa para Pembina dan pemuda karang taruna memeriahkan acara. Kesemarakan berlangsung hingga pukul 22.30 WIB. Joged para penonton menambah kemeriahan.
      
Jambore diakhiri dengan upacara penutupan pada Jumat Pagi, 20/09/2019. Petugas upacara oleh para Dewan Penggalang dengan tugas secara bergantian. Pembina upacara, Kak Ruhdi, S.Pd. berpesan agar para adik-adik penggalang melaksanakan janjinya sesuai Tri Satya dalam tingkah laku sehari-hari. Beliau juga berharap agar semoga kegiatan jambore memberikan pengalaman berharga hingga masa depan.
      

*}
Penulis adalah salah seorang pembina pramuka di Pangkalan Gudep 25043-25044 SMPN 2 Cimahi, Kabupaten Kuningan.  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JAMBORE GUDEP 25043-25044 SMPN 2 CIMAHI DI BUPER MANDALAJAYA"

Post a Comment