LIMA RATUS


1287449710

Oleh Enang Cuhendi 

(Redpel Guneman online)


Lima ratus adalah dua kata yang merujuk pada sebutan untuk angka ”500”.  Sepintas angka ini tidak terlalu memiliki arti. Seorang anak kecil pun cenderung menolak kalau ibu atau saudaranya memberinya uang sebesar 500 rupiah untuk uang jajan. Apalagi orang yang lebih tua.

Walau begitu bagi kami, crew Guneman online, angka ini memiliki arti tersendiri. Tulisan yang diberi judul “Lima ratus” ini menandai uggahan naskah ke-500 sejak pertama kali Guneman online diperkenalkan pada  26 Desember 2018 yang lalu. Untuk rentang sembilan bulan bagi kami yang masih baru dalam penerbitan media online tentunya in cukup membanggakan.

Dari 500 naskah yang sudah diunggah label paling banyak menggunggah naskah ditempati oleh label fiksi yang mencapai 164 naskah. Di urutan kedua label opini 134  dan seputar pendidikan sebanyak 111 naskah. Adapun naskah yang paling banyak dilihat adalah naskah yang berjudul "Cerdas Bahas Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia (1) dan (2)” yang masing-masing mencapai 5725 dan 4142 views. Menyusul cerita bersambung yang dimuat dalam tiga edisi, yang berjudul “Berjuang Sendiri Melawan Kanker 1, 2 dan 3meraih 2395, 3215 dan 3458. Toal views sampai unggahan naskah edisi ke-499 tercatat sudah 70.408 yang melihat web Guneman.

Akhir-akhir ini ada satu kecendrungan kurang menggembirakan terkait jumlah views. Trend  Jumlah orang yang membuka Guneman online semakin menurun. Ini bisa diduga  sebagai dampak dari menurunnya partisipasi aktif rekan-rekan untuk ikut membagikan setiap naskah yang sudah diunggah ke berbagai WAG  atau FB yang diikuti rekan-rekan crew dan guru lainnya. Bahkan yang ironis jumlah orang yang melihat jarang melampaui dua digit. Apabila dibiarkan kondisi ini tentunya  sangat memprihatinkan dan akan mengancam eksistensi majalah online ini. Pertanyaannya apakah majalah ini akan terus berlanjut atau sebaliknya? Semua kembali kepada kita semua, terutama rekan-rekan guru yang menjadi bagian dari Guneman. 

Terakhir saya sampaikan terimakasih kepada semua rekan yang udah berpartisipasi secara akif mengirim naskah dan membagikan hasil unggahan ke berbagai media. Semoga kerjasama kita tersus berlanjut.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "LIMA RATUS"

Post a Comment